Goes to School: Sebuah Kegiatan Menginspirasi Siswa Menuju Generasi Emas Indonesia

  • Ainin Amini Universitas Mataram
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Mataram
  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Johriah Rizky Eka Tuningsih Universitas Mataram
  • Julianti Agustina Universitas Mataram
Keywords: Goes to school, generasi emas, inspirasi dan motivasi.

Abstract

Abstrak: Generasi emas merupakan target pemerintah Indonesia yang harus dicapai pada tahun 2045. Oleh sebab itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh setiap kalangan termasuk dosen dan mahasiswa. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar sebanyak 15 siswa yang bersekolah di daerah tertinggal. Kegiatan dilaksanakan selama 3 tahapan yakni pengenalan, bermain, dan pemberian motivasi dan reward. Selama pelaksanaan kegiatan, siswa sudah menunjukkan motivasi dan antusiasme yang cukup tinggi, sebanyak 98% siswa merasa terinspirasi untuk tetap bersekolah dengan baik demi tercapai cita-cita yang mereka sampaikan saat kegiatan berlangsung. 

Abstract: Gold generation is the Indonesian government target to be achieved in the year 2045. Therefore, various efforts continue to be done by every circle including lecturers and students. The purpose of this activity is to improve the motivation of learning as many as 15 students attending the disadvantaged areas. The activity is conducted for 3 phases namely introduction, play, and giving motivation and reward. During the implementation of the activities, students have demonstrated high motivation and enthusiasm, as many as 98% of students feel inspired to stay well in school to achieve the goals they convey during the activity

References

Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Dongoran, F. R. (2014). Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 11(1), 61–76.

Hidayati;, & Rahmaniah, R. (2015). Peran Keluarga Dalam Mengantisipasi Pengaruh Budayaasing Pada Siswa Sdn 1 Pendem Janapria Tahun Akademik 2013/2014. Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6(1), 1–9.

Manullang, B. (2013). Character Education Grand Design of The 2045 Golden Generation. Jurnal Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045, 3(1), 1–14.

Pranita, S. (2011). Faktor-Faktor Penghambat Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Pendidikan.

Setiawan, D. C., Anantyarta, P., & Sari, N. K. (2018). Pemberdayaan Motivasi Siswa Smp Al-Inayah Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Melalui Pelatihan Esq (Emotional And Spiritual Quotient). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 197. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1434

Soter, I. K. (2019). Manajemen Pendidikan Berorientasi Masa Depan. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 16–26. https://doi.org/10.33363/ba.v9i2.271

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Yudha Aditya, Adam Idris, A. A. (2019). Peran Dinas Pendidikan Dalam Program Penyelenggaraan Pendidikan Gratis. eJournal Ilmu Pemerintahan, 7(1), 507–518.

Published
2020-05-30
How to Cite
Amini, A., Abdurrahman, A., Syaharuddin, S., Rizky Eka Tuningsih, J., & Agustina, J. (2020). Goes to School: Sebuah Kegiatan Menginspirasi Siswa Menuju Generasi Emas Indonesia. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 10-16. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.99
Section
Articles