Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur

  • ahmad ahmad Universitas Bumigora Mataram
  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora Mataram
  • Malik Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Desventri Etmy Universitas Bumigora Mataram
Keywords: Pelatihan, Google classroom, Pembelajaran Daring

Abstract

Abstrak: Tujuan dari kegaitan pelatihan agar guru bisa melakukan pembelajaran secara online melalui rumah tanpa tatap muka langsung dengan siswa. Langkah langkah yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah pertama, menerapkan protokol Kesehatan sebelum, ketika dan sesudah melakukan pelatihan. Kedua, memperkenalkan tentang pembelajaran daring. Ketiga, menjelaskan tentang google classroom dan cara penggunaannya. Dan keempat praktik pengunaan google classroom. Dari pelaksaan yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa peserta pelatihan dapat memahami materi dengan baik.

Abstract: The purpose of the training activity is so that teachers can do online learning through the home without face to face with students. The steps taken in this training are first, applying the Health protocol before, during and after conducting training. Second, introducing online learning. Third, explain about google classroom and how to use it. And the fourth practice of using google classroom. From the implementation, it was found that the trainees understood the material well.

References

Ahmad. (2019). Perbangdingan Hasil Belajar Matematika Siswa sebelum dan sesudah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW II. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, Volume XII(Volume XII, Nomor 2, Juli –Desember 2019).

Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189–198. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.14

Ahmad, Etmy, D., & Primajati, G. (2019). Upaya Mengatasi Problema Pembelajaran Matematika Siswa pada Materi Teorema Phythagoras melalui Bimbingan Belajar Kelas VIII di MTs . Nurul Yaqin Kelanjur. 2(1), 60–70.

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI. 2(1), 55–61.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Published
2020-05-31
How to Cite
ahmad, ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66-79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224
Section
Articles