Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar

  • Ahmad Ahmad Universitas Bumigora Mataram
  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora Mataram
  • Kiki Riska Ayu Kurniawati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Farah Heniati Santosa Universitas Nahdlatul Wathan
Keywords: Bimbingan belajar, motivasi, Bangun ruang sisi datar

Abstract

Adapun tujuan dari bimbingan belajar ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran matematika. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam bimbingan pembelajaran ini adalah pertama Melakukan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan melibatkan siswa secara langsung, kedua Memberikan materi dasar bangun ruang  secara bertahap dan man faatnya dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa, ketiga Melakukan bimbingan kepada siswa terhadap materi yang kurang dipahami, keempat Memberkan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan bertanya, kelima Memberikan latihan soal kepada siswa untuk didiskusikan dan keenam Menganalisa Permasalahan yang dihadapi siswa dalam mempelajari Matematika. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat di lihat bahwa setelah dilakukan bimbingan belajar siswa terlihat termotivasi dalam mempelajari matematika hal ini terlihat dari antusiasnya siswa dalam berdiskusi dan bertanya.

References

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 15. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.4

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok). Jurnal VARIAN, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.74

Ahmad, & Etmy, D. (2019). Hubungan Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. EL-HIKMAH: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 12(1), 75–98.

Ahmad, Etmy, D., & Primajati, G. (2019). Upaya Mengatasi Problema Pembelajaran Matematika Siswa pada Materi Teorema Phythagoras melalui Bimbingan Belajar Kelas VIII di MTs . Nurul Yaqin Kelanjur. 2(1), 60–70.

Hartinah, G. (2016). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.701

Mutammimah, E. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 1(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.3932

Published
2019-12-30
How to Cite
Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar . JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189-198. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.14