Kemampuan Komunikasi Matematika: Studi Komparasi Pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Media Power Point (PPT)

  • Bernadeta Ritawati STKIP PAMANE TALINO
  • Sri Wahyuni STKIP Pamane Talino
Keywords: Komunikasi Matematika, NHT, Power Point

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PPT di kelas VII SMP Negeri 02 Ngabang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 02 Ngabang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen I dengan 24 siswa dan kelas VIIB sebagai kelas kelas eksperimen II dengan 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelas NHT adalah 72,5 dan rata-rata posttest kelas PPT adalah 66,666. Hasil uji hipotesis posttest diperoleh  ( ). Karena  maka  ditolak dan  diterima. Hal ini berarti kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media Power point.

Abstract: This research is a quasi-experimental study that aims to determine the comparison of students' mathematical communication abilities with the cooperative learning model of the NHT and PPT media in class VII SMP Negeri 02 Ngabang. The population in this study were all students of class VII SMP 02 Ngabang consisting of 3 classes. The sample in this study was taken by using the Random Sampling Cluster technique. Class VII A as class I experimental class with 24 students and class VII B as a experimental class II with 24 students. The instruments used were pretest and posttest in the form of description. Data analysis uses the t test with a significance level of 5%. The results showed the average posttest for the NHT class was 72.5 and the average posttest for the PP class was 66.666. From the posttest hypothesis test results obtained t hitung> t tabel (1.9522> 1,667). Because t_hitung> t_tabel, H_0 is rejected and H_a is accepted. This means that students' mathematical communication skills taught with the NHT are better than using Power point media.

References

Ariyanto, R. R., & Huda, M. (2013). MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN : ISU-ISU METODIS DAN PARADIGMATIS. Yugyakarta: Pustaka Pelajar.

Ashim, M., Asikin, M., & Kharisudin, I. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Loka Son, A., & Nur Ahzan, Z. (2017). PERKULIAHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI POWERPOINT DISERTAI VISUAL BASIC APPLICATIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.39

Surya, E., & Rahayu, R. (2014). PEMECAHANMASALAH MATEMATIS SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ). Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA.

Sutisna, E. N., & Nanang. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Number Head Together ( Nht ) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. 2, 77–86.

Trianto. (2011). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. In Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan.

Rusman, (2014), model-model pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta

Sundayana, (2015), statistika penelitian pendidikan, Alfabeta, bandung

Published
2020-06-01
How to Cite
Bernadeta Ritawati, & Wahyuni, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematika: Studi Komparasi Pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Media Power Point (PPT). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 39-50. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.216
Section
Articles