Efikasi Diri, Kecemasan Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Saintifik

  • Siti Nurul Afifah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Abdul Fatah
  • Isna Rafianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Efikasi Diri, Kecemasan Matematis, Pembelajaran Berbasis Saintifik

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kecemasan matematis dengan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dalam pembelajaran berbasis saintifik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah angket efikasi diri, angket kecemasan matematis dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien regresi sebesar 22,1% (2) terdapat hubungan  negatif  dan  signifikan  antara  kecemasan  matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 13% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan kecemasan matematis dengan kemampuan pemecahan  masalah  dengan  nilai  koefisien  determinasi  sebesar 22,4%.

Abstract: This study aims to determine the relationship between self-efficacy and mathematical anxiety with the problem solving ability of students of class VIII SMP in scientific based learning. This research is quantitative research. The instruments of this study were self-efficacy questionnaire, mathematical anxiety questionnaire and problem solving ability test questions. The results of this study are: (1) there is a positive and significant relationship between self-efficacy and problem solving ability with a regression coefficient value of 22.1% (2) there is a negative and significant relationship between mathematical anxiety towards problem solving ability with a coefficient of determination of 13 % (3) there is a significant relationship between self-efficacy and mathematical anxiety with the ability to solve problems with a coefficient of determination of 22.4%.

References

Rostika, D., Windayana, H., & Komariah, -. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mencari Solusi Altenatif Pada Penyelesaian SoalMatematika Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2831

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Current Directions in Psychological Science,11(5),181-185.http://mccc.edu/~jenningh/Courses/document/math_anxiety.pdf. (diakses 2 Febuari 2019).

Bandura, A. (1994). Self-Efficacy in V.S.Ramachaudran (Ed.). Encyclopedia of Human Behavior, 4, 71-81. https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/Bandura1994EHB.pdf. (diakses 21 Januari 2019).

Darminto, B. P. (2010). Peningkatan Kreativitas dan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Matematika Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta, 27 November.http://eprints.uny.ac.id/10500/. (diakses 5 Juli 2019).

Handayani, K. (2017). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika dalam Membangun Jejaring Kerja dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Medan, 6 Mei. http://digilib.unimed.ac.id/26892/2/F ulltext.pdf. (diakses 10 Juli 2019).

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self- Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics),2(1), 24-30. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/t h/article/view/375. (diakses 24 Januari 2019).

Kurniawati, A. D., & Siswono, T. Y. E. (2014). Pengaruh Kecemasan dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Negeri Ponorogo. MathEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 36-41. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8655/8725. (diakses 24 Januari 2019).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Mahmood. S., & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of The Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British Journal of Art and Social Sciences, 2(2), 169-

https://pdfs.semanticscholar.org/ed66/b9f073da8d7a5cefc36870bb517c9ddf0520.pdf?_ga=2.76036757.1612140948.1562514179-1046286641.1562514179. (diakses 25 Januari 2019).

Olaniyan, O. M., & Salman, M. F. (2015). Cause of Mathematics Phobia among Senior High School Students: Empirical Evidence from Nigeria. Journal of the African Educational and Research Network, 1(15), 50-56.http://africanresearch.org/africansym posium/archieves/TAS15.1Olaniyan. pdf. (diakses 24 Febuari 2019).

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2018). PISA 2015 Results in Focus. OECD. https://oecd.org/pisa/pisa-2015- results-in-focus.pdf. (diakses 6 Febuari 2019)

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51-68. https://media.neliti.com/media/public ations/80100-ID-hubungan-antara- efikasi-diri-dengan-kece.pdf. (diakses 24 Febuari 2019).

Sakarti, H. (2018). Hubungan Kecemasan dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 28-41. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7 i1.766. (diakses 23 Januari 2019).

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 78. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262. (diakses 21 Januari 2019).

Widodo, S. A., Sari, R. M., Nur, I. R. D., & Putrianti, F. G. (2017). Analisis Faktor Tingkat Kecemasan, Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 67-77. https://media.neliti.com/media/publications/261732-none-157c58af,pdf. (diakses 1 Agustus 2019).

Published
2020-06-01
How to Cite
Afifah, S. N., Abdul Fatah, & Rafianti, I. (2020). Efikasi Diri, Kecemasan Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Saintifik. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 29-38. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.215
Section
Articles