Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD

Main Article Content

Tanti Agviola Dewi

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar tematik melalui penerapanndekatan Problem Based Learning siswa kelas II SDN Blotongan 01. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C.Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Diskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar tema Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan dari berdasarkan ketuntasan pra siklus, siklus 1, siklus 2 sebesar  35%, 60% dan 90%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik.


 


Abstract: The purpose of this study was to improve from the grassy grasses to the passing of the pentagon Problem Based Learning in second grade students of Blotong 01 Elementary School. The type of research was tear class (PTK) research. The express PTK model spiral model C. Kemmis & Mc Taggart was carried out in 2 cycles. Data collection techniques in this study are test techniques and non-test techniques. The research instrument using Soir Butter this remembrance observation. Comparative descriptive analysis of data analysis techniques. The results of the study show that through the application of the Problem Based Learning approach can improve thematic learning outcomes. This is indicated by the increase in learning outcomes in the theme of Home Safety and Dras Travel based on pre-cycle completeness, cycle 1, cycle 2 by 35%, 60% and 90%. More than once in the rest of the game, Problem Based Learning can improve theme learning outcomes.


 

Article Details

How to Cite
Dewi, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 234-242. Retrieved from https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/43
Section
Articles

References

Abdillah, Marzuki. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema Pengalamnku Subtema Pengalaman Bersama Teman Siswa Kelas 1 Melalui Pendekatan Sintifik Metode Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 1 Karanglewas Lor Tahun Ajaran 2014/2015. Purwokerto: Digital Library UMP.
Ades, Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara : Jakarta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hail Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas I SD Negeri 1 Gosono Wonosegoro Boyolali. Jurnal Kependidikan Scholaria, Vol. 5, No. 1, 24-38.
Permendikbud. (2013). Undang-Undang Nomor 57 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Permendikbud.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2015). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wardani, Naniek Sulistya, dkk. (2012) . Asesmen Pembelajarn SD. Salatiga: Widya Sari Press.