Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IX SMP

Main Article Content

Ki Ahmad Saleh Amirullah

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata mengenai penerapan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP. Penelitian ini mengambil subjek siswa dan siswi kelas IX sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes esay. Pada tes awal nilai rata-rata siswa 4,00, pada siklus I nilai rata-rata siswa 5,12, pada siklus II nilai rata-rata siswa 5,72, pada siklus III nilai rata-rata siswa 7,44. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP. 


Kata kunci: Unsur intrinsik, cerpen, Pembelajaran inkuiri.


 


Abstract: The purpose of this study is to get a more real picture of the application of inquiry learning in improving the ability to analyze the intrinsic elements of short stories for students in grade IX of junior high school. This study took the subjects of class IX students and students as many as 36 people. Data collection was carried out by essay test method. In the initial test the average score of students was 4.00, in the first cycle the average score of students was 5.12, in the second cycle the average value of the students was 5.72, in the third cycle the average value of students was 7.44. So it can be concluded that inquiry learning can improve the ability to analyze the intrinsic elements of short stories for students in grade IX of junior high school.


Keywords: Intrinsic elements, short stories, inquiry learning.

Article Details

How to Cite
Saleh Amirullah, K. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 126-138. Retrieved from https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/40
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsini. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Astini Ni Nyoman. (2012). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Dongeng Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati.
Darisman, Muh, dkk. (2007). Ayo Belajar Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tidakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Sumedang: UPI PRESS.
Sanjaya, H. Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Slavin, Robert. E. (2008). Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik. Bandung: PT. Nusa Media.
Sugyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV. Alfbeta.
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi. Pustaka.
Wardani, I.G.A.K. (2008). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widya, Wendi, dkk. (2006). Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara