Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Metode Snowball Throwing: Kuliah Sumber Energi Terbarukan

  • Wahmisari Priharti Universitas Telkom Bandung
  • Bandiyah Sri Aprillia Universitas Telkom Bandung
Keywords: Hasil belajar, snowball throwing, sumber energi terbarukan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Sumber Energi Terbarukan. Metode yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah 36 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Sumber Energi Terbarukan. Mahasiswa tuntas belajar pada siklus I hanya mencapai 75,0% sedangkan pada siklus II 83,3% yang telah mengalami peningkatan sebesar 8,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Sumber Energi Terbarukan.

Abstract: The purpose of this study was to determine the effectiveness of the snowball throwing method in increasing the student learning outcomes in the course of Renewable Energy Sources. The method used was a classroom action research (CAR) conducted in 2 cycles. The subject was 36 students that attend the course of Renewable Energy Sources. The student learning outcomes in the first cycle only reached 75,0% while the second cycle 83,3% % which had increased by 8.3%. It can be concluded that the application of the snowball throwing method can increase the student learning outcomes in the course of Renewable Energy Sources

References

Agus, S. (2010). Cooperative learning: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asrori, M. (2010). Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ciputra, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 dengan Model Snowball Throwing Siswa Kelas IV SDN Tanjung. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 156 – 166.

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61 – 74.

Gani, S. A., Yusuf, Y. Q., & Erwina, R. (2017). The Effectiveness of Snowball Throwing Technique in Teaching Reading Comprehension. Proceedings of The 1st National Conference on Teachers’ Professional Development, 18 – 28.

Huda, M. (2011). Cooverative learning: Metode teknik, struktur dan penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismawati, E. (2012). Perencanaan pengajaran bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Marlena, N. (2016). Implementation of Learning Snowball Throwing Method to Improve Student Learning Outcomes of Operation Management Subject. Proceeding of The 1st International Conference on Economic Education and Entrepreneurship 2016, 238 – 242.

Pelatun, S. N. (2014). Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.

Purbowo, G. A., Mashuri, H., & Putriaji. (2012). Keefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 1, 20 – 25.

Rahman, A. (2015). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V pada SDN No.1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 154 – 167.

RI. (2004). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Setiani, A., & Donni, J. P. (2015). Manajemen peserta didik dan model pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Published
2020-01-06
Section
Articles