Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VII SMP

  • Tiara Fikriani STKIP Ahlussunnah
  • Mirda Swetherly Nurva STKIP Ahlussunnah
Keywords: Bahan Ajar; Matematika; Validitas; Praktikalitas; Efektifitas

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar matematika berbentuk komik untuk siswa kelas VII SMP. Penggunaan Bahan Ajar dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Bahan ajar yang diberikan kepada siswa harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development R and D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototype, dan fase penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Validitas Bahan Ajar dinyatakan sangat valid dengan presentase 90% pada aspek materi dan aspek desain bahan ajar (2) Praktikalitas Bahan Ajar berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata presentase 83,5% (3) Efektivitas Bahan Ajar dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan presentase 73%.

Abstract: This purpose of this research is developing mathematics teaching materials that present in comics for student in grade seventh of junior high school. Using teaching materials in the learning process is one way to help the students to be understand about learning materials. The teaching materials that provided for students must have three criterias are valid, practical, and effective. The type of this research is the Research and Development (R and D)  and using the Plomp development model. This research consist of investigation phase, development or prototype phase, and assessment phase. The results of this development research are: (1) The validity of the teaching materials are valid with a percentage 90% on the material aspect and the material Design (2) practicality of teaching materials based on the response of teachers and students are Practice with percentage 83.5% (3) The effectivity of teaching materials are effective based on communication skills of students with a percentage of 73%.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anesia, R., Anggoro, B. ., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1, 53–57. Retrieved from https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Danaswari, D. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon pada Pokok Bahasan Ekosistem (Vol. 2).

Feriyanto. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbentuk Komik Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Segitiga Di SMP Negeri 1 Mojokerto. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Herawati, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Aplikasi Mind Map Di SMP Negeri 3. Kementrian Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahmanadji, D. (2018). Awal Eksistensi Komik Indonesia sebagai produk budaya nasioanal. Universitas Negeri Malang.

Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. MUADDIB, 5, 1–19.

Wahyuni, R. N. ., & Monika, A. . (2016). Pengaruh Pendidikan terhadap Ketimpangan Pendapatan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11, 15–28. Retrieved from http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/view/63/99

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. . (2015). Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1, 24–35.

Published
2020-01-06
Section
Articles