Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar

  • Ahmad Habib Universitas Negeri Jakarta
  • I Made Astra Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kebutuhan, Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran IPA dan penggunaan multimedia interaktif di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Populasinya guru dan siswa Sekolah Dasar. Sampel diambil acak, ditetapkan 6 lokasi yaitu SDN Trangkil 01, SDN Jolong 01, SDN Cebolek 02, SDN Tambahmulyo 02, SDN Muktiharjo 01, dan SDN Klakahsasihan 01.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, program multimedia interaktif dibutuhkan, terutama untuk menunjang pembelajaran IPA yang bersifat abstrak khususnya materi organ peredaran darah manusia. Format yang diinginkan berupa multimedia yang terintegrasi dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan ekstra game soal. Untuk memfasilitasi guru dan siswa Sekolah Dasar perlu dikembangkan multimedia interaktif yang didalamnya terdapat langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek, perkembangan proyek, dan output berupa laporan proyek. Selain itu, perlu dikembangkan game soal yang dapat menunjukkan hasil serta evaluasi dari game soal. Game soal yang dibuat disesuaikan dengan tingkat perkembangan kogitif, afektif, dan psikomotorik siswa Sekolah Dasar.

References

Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 1120–1126.

Crain, W. (2014). Psikologi Perkembangan : Konsep, Teori & Praktik. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 467–474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.302

Iasha, V., Sumantri, M. S., Sarkadi, S., & Rachmadtullah, R. (2018). Development Media Interactive Learning in Education Pancasila and Citizenship Education to Improve Tolerance of Students in Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 251(Acec), 311–314. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.71

Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cognitive Load Theory (CLT) Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Di Sekolah Dasar. AKSIOMA, 7(2), 314–323.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. 14(1), 15–20.

Michelle Rudolph. (2017). Cognitive Theory of Multimedia Learning. Journal of Online Higher Education, 1(2), 1–14.

Nunuk, S., Setiawan, A., Aditin, & Putria. (2018a). Media Pembelajaran Inovasi dan Pengembangannya. Improving School, 7(2), 262. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.056

Nunuk, S., Setiawan, A., Aditin, & Putria. (2018b). Media Pembelajaran Inovasi dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachmadtullah, R., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Interactive Multimedia Development Based on Scientific Approach to Civic Education Subjects in Elementary School. Intercincia Journal, 7(July), 13–21. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/326234009

Riza, L. S., Firdaus, D. S., Junaeti, E., Bayu, A., Nandiyanto, D., & Abdullah, C. U. (2018). A Concept and Implementation of Instructional Interactive Multimedia for Deaf Students Based on Inquiry-Based Learning Model. Journal of Engineering Science and Technology, 13(7), 2016–2035.

Scheiter, K., Schüler, A., & Eitel, A. (2017). Learning from Multimedia : Cognitive Processes and Instructional Support. In The Psychology of Digital Learning (pp. 1–19). https://doi.org/10.1007/978-3-319-49077-9

Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA : Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Perss.

Tudor, S. L. (2013). The Role of Multimedia Strategies in Educational Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78, 682–686. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.375

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Belajar berbasis ICT. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Published
2020-01-06
Section
Articles