PROFIL EKOLITERASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

  • Fitria Eka Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Noly Shofiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: ekoliterasi; Pembelajaran; profil

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengungkap tentang bagaimana kemampuan Ekoliterasi mahasiswa pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan  di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, yaitu pada mahasiswa prodi Pendidikan IPA, semester 6 dengan jumlah 17 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen penilaian ekoliterasi mahasiswa yang mana di disebarkan kepada mahasiswa semerter 6 dengan jumlah mahasiswa 17 analisis yang dilakukan dengan memprosentasekan hasil ekoliterasi mahasiswa dengan menghitung hasil dari jawaban yang telah diisi oleh mahasiswa di bagi skor nilai maksimum, kemudia mengklasifikasikan dengan hasil yang diperoleh dengan menggunakan skor interval kemampouan ekoliterasi mahasiswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan kemampuan ekoliterasi pada indicator Mengetahui permasalahan lingkungan 70%, Mempunyai strategi tindakan terhadap masalah lingkungan 60 %, Dapat menindak lanjuti masalah lingkungan  yang ada 60%, Memiliki kualitas dalam menyikapi permasalahan lingkungan serta sikap personal yang baik 30%.

References

Fahrudin, I. A. (2018). Ecological Literacy Measurement: Ecological Knowledge And Concern To Predict Behavioral Intention Of Green School Students In Surakarta District, Indonesia. Tesis. Surakarta: Pascasarjana pendidikan sains UNS.

Faiqoh, N., Karyanto, P., & Indrowati, M. (2019) Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran untuk Menguatkan Ekoliterasi Siswa SMA di Era Revolusi Industri 4.0. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 087-093).

Fortino, Catalina, et.al. (2015).“Critical Thinking and Problem-Solving for The 21st Century Learners

Keraf, A. S. (2010). Etika lingkungan hidup. Penerbit Buku Kompas.

Lewinsohn, T. M., Attayde, J. L., Fonseca, C. R., Ganade, G., Jorge, L. R., Kollmann, J., ... & da Rocha, P. L. (2015). Ecological literacy and beyond: Problem-based learning for future professionals. Ambio, 44(2), 154-162.

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here?. Ecosphere, 4(5), 1-20.

Mukhadis, A. (2013). Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Nadiroh, S. M. S. (2019). Analisis Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan dan Ekoliterasi Siswa. Jurnal Parameter Vol, 31(2), 96.

Neri Egi Rusmana, A. A. (2017). PEMBELAJARAN EKOLITERASI BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR. JESA. Vol. 1 No. 1

Orr, D. W. (1992). Ecological literacy. In Ecological literacy: education and transition to a postmodern world (online book) (pp. 85-93). New York: SUNY Press, Albany,.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.

Setiadi, P. M. (2018) Program Peduli Lingkungan Sebagai Upaya Mengembangkan Ecological Literacy Siswa. Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi, 1. Seminar Nasional PS PBSI FKIP Universitas Jember.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.Bandung

Syukron, A. (2019). Ekoliterasi: desain pembelajaran bahasa indonesia berwawasan lingkungan. FKIP e-Proceeding, 61-70.

Wulandari, F. E. (2017). Profil Kreativitas Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.

Published
2020-07-09