PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COGNITIVE APPRENTICESHIP BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINTIFIK

  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Muhlasin Amrullah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nurfi Laili Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Zahrotul Lailiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Model Pembelajaran; Cognitive Apprenticeship; Perangkat Pembelajaran; Islam; Saintifik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Cognitive Apprenticeship (CA) berbasis integrasi Islam dan Saintifik pada mata kuliah Psikologi Pendidikan yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan mengajar yang tidak melupakan nilai islam dan menerapkan pendekatan saintifik mahasiswa semester 1 jurusan FPIP Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang telah dimodifikasi. Melalui proses pengembangan, dihasilkan perangkat pembelajaran CA berbasis integrasi Islam dan Saintifik (SAP, LKM, BAS, THB) yang dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman Islam. Tahap uji coba pengembangan terdiri atas uji coba ahli, uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil validasi SAP sebesar 4,35; bahan ajar sebesar 4,13; LKM sebesar 4,27; dan THB sebesar 4,33, sehingga perangkat pembelajaran hasil pengembangan dinyatakan valid.  Mahasiswa yang tuntas sebanyak 85% dan 15% belum tuntas.  Pengembangan model pembelajaran CA berbasis Islam dan Saintifik ini menghasilkan buku ajar sebagai pedoman bagi mahasiswa PGSD.

References

Anisyah, Y., & Siswanto. (2018). Revitalisasi Nilai - Nilai Qur ’ ani Dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0. Islamuna Jurnal Studi Islam.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Jendral, D., Riset, K., & Tinggi, P. (2015). KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Dokumen 001. 1–9.

Junaidi, W. A. &. (2017). Pendekatan Saintifik: Melihat Arah Pembangunan Karakter Dan Peradaban Bangsa Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(2), 507–532. https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.507-532

Majid, A. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Muhammadiyah, U. (2019). Dokumen kurikulum standard. 2.

Mukaromah, S. M. (2018). Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Inklusi, 5(2), 195. https://doi.org/10.14421/ijds.050203

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Rahmawati, R., & Nur Azizah, I. (2018). Desain Didaktis Berbasis Model Inkuiri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MaPan, 6(2), 138–147. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a1

Rezania, V., Nuroh, E. Z., & Mariyati, L. I. (2020). Kemampuan Cognitive Apprenticeship Sebagai Bagian Dari Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.258

Ritonga, A. A. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1), 78–97. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman:, 1(3), 354–362.

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Sulthon, S. (2017). Membangun Kesadaran Berperilaku Siswa Madrasah dengan Penguatan Nilai-nilai Spiritual. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1750

Sutarno, H., Rohendi, D., & Putri, G. G. (2011). Pengaruh Kompetensi Guru Mata Pelajaran TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. JPMIPA: Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(2), 134–141.

Published
2020-07-09