STUDI LITERATUR TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Miftakul Khoiron FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Media Monopoli Modifikasi; Hasil Belajar; IPS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari berbagai jenis penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis penelitian yang dianalisis dan dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian studi literatur ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian tentang pengaruh penggunaan media monopoli modifikasi terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil dari penelitian studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media monopoli modifikasi mendapatkan respon positif dari siswa berupa meningkatnya keaktifan siswa baik fisik maupun psikis yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa atau penggunaan media monopoli modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai macam hasil uji coba penggunaan media monopoli modifikasi yang dilakukan di tingkat sekolah dasar melalui berbagai jenis penelitian, baik penelitian kuantitatif, PTK maupun R&D. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media permainan berupa monopoli modifikasi bagi siswa sekolah dasar yang mempunyai karakteristik suka bermain sangat tepat untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena dengan media ini siswa diajak untuk belajar sambil bermain sehingga pembelajaran berlangsung  menyenangkan.

References

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sapriya.(2009). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda

Musfiqon, H.M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Holis, Ade. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. (Vol. 09.No. 01). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/84/86.

Rakhmayanti, Evita & FX.Mas Subagio.(2019). Efektivitas Penggunaan Media Monopoli Tematik Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Di SD Negeri Sumput Sidoarjo.JPGSD.(Vol. 07.No. 03). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian pgsd/article/view/28070

Haya, Rafi Adzimul & Neni Mariana.(2018). Pengaruh Media Moku (Monopoli Kuis) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Sumur Welut III/ 440 Surabaya.JPGSD.(Vol. 06.No. 09.1526-1536). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24195.

Pratiwi, Ratna & Siradjuddin, S. (2017). Penggunaan Media Permainan Monopoli Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kendalkemlagi Lamongan.JPGSD.(Vol. 05.No. 03). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/20020.

Subroto, Anang Gatot. dkk. (2016, Nopember).Pemanfaatan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016.Florea.(Vol. 3.No. 2.49-54). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/download/800/730.

Suciatika, Sri. dkk. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar. (Vol. 2.No. 2). DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328.

Suitriani, Ni Wayan. dkk. (2016). Penerapan Model Course Review Horay Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. (Vol. 4.No. 1). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7271.

Sari, Dwi Oktaviana. dkk. (2018, Agustus). Pengembangan Media Moonstar (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Widya Wacana. (Vol. 13.No. 2). DOI: http://dx.doi.org/10.33061/ww.v13i2.2260.

Khasanah, Inna Nur. dkk. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran IPS di SD Mutiara Singaraja.Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. (Vol. 6 No. 2. pp. 202-211). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/14727.

Aprillia, Risa. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Permainan Monopoli di Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah, Universitas Tanjung Pura, 4. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/16042/13981

Nurhayati, Esti. (2014). “Respon Remaja Islam Masjid Fathullah Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Terhadap Film Cinta Tapi Beda”.Skripsi. FIDIK, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. http://etheses.uin-malang.ac.id/7341/1/11140111.pdf.

Setiawan, Rachmad Indra & Ulhaq Zuhdi.(2019). Pengaruh Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Siwalankerto II Surabaya.JPGSD. (Vol. VII. No. 1). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/viewFile/26886/24608

Wijayanti, R. (2017). eprints.walisongo.ac.id, 32 Bab Ii Kajian Teori Tentang Respon, Televisi, Dan .... http://eprints.walisongo.ac.id/7086/3/BAB%20II.pdf. (diakses pada tanggal 12 Mei 2020 pukul 01.37 WIBDwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487.

Published
2020-07-09