PELATIHAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA BAGI GURU TK DI ERA COVID-19

  • Fifiet Dwi Tresna Santana IKIP SILIWANGI
  • Ratni Purwasih IKIP SILIWANGI
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi

Abstract

Aktivitas berhitung di taman kanan-kanak merupakan salah satu pembelajaran matematika yang bertujuan untuk memahami mengenal konsep bilangan melalui eksplorasi dengan benda-benda konkrit sebagai pondasi yang kokoh bagi anak dalam mengembangkan kemampuan pada tahap selanjutnya. Untuk mengajarkan kepada anak tentang matematika di TK terkadang guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi. Maka dari itulah untuk mengatasi hal tersebut guru harus menggunakan  media pembelajaran. Alat peraga matematika sebagai merupakan media konkret dari materi yang disampaikan sehinga membantu siswa untuk proses berpikir dan memahami konsep abstrak tersebut. Menurut Piaget siswa TK masuk ke tahap operasi kongkrit, oleh karena itu sebaiknya siswa TK belajar dengan berbantuan media interaktif berbasis Geogebra. Tujuannya agar dapat lebih memberikan kontribusi positif dan hasil yang optimal bagi pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Berdasarkan observasi di lapangan ke lokasi PKMS, kami menemukan permasalahan mitra di sekolah yakni berupa pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Geogebra. Terutama pada masa pandemi Covid 19 ini dimana guru diwajibkan melakukan pembelajaran secara online. Salah satu Indikator keberhasilan dari PKMS ini adalah guru-guru TK sebagai mitra mampu membuat media pembelajaran matematika interaktif berbasis Geogebra.

References

Azhari. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematik, 7 (2), 1-12.

Misdalina., Zulkardi., & Purwoko. (2009). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (Sma) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Palembang. Jurnal pendidikan matematika, 3(1), 61-74.

Sari, N,P. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 2, Gebang, Masaran, Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal mahasiswa UNSRI, 1-13.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Purwasih, R., & Aripin, U. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (2), 225-233.

Purwasih, R., Aripin, U., Santana, F.D.T. (2019). Realistic Mathematic Worksheet Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khatulistiwa. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPMK/article/view/547/533.

Mahmudi, A., Sholihah, D.A., (2015). Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwj27YX40KjqAhWQdn0KHWxyCDQQFjAAegQIBRAB&url=https%3A%2F%2Fjournal.uny.ac.id%2Findex.php%2Fjrpm%2Farticle%2Fdownload%2F7332%2F6315&usg=AOvVaw11EP0RdZwTUgT32H_ibxi7.

Published
2020-07-09