PENDAMPINGAN PENINGKATAN KOMUNIKASI BERBAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA/I TEKNIK KIMIA KABUPATEN KARAWANG

  • Iyan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Vina Syofiyatul Ulfa Mahahasiswa Program Studi Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dessy Agustina Sari Program Studi Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Karawang International Industrial City, public speaking, Sekai Elite, youtube Dessy Yu

Abstract

Sebagai program studi baru di Universitas Singaperbangsa Karawang yang berusia 2 tahun membutuhkan pendampingan kemampuan berbahasa Inggris. Kurikulum perguruan tinggi di Fakultas Teknik ini khususnya memberikan kompetensi tersebut hanya di semester awal mahasiswa. Kebutuhan berkomunikasi menggunakan salah satu bahasa internasional menjadi pintu utama untuk menghadapi lapangan pekerjaan. Selain itu, lokasi kampus ini berdekatan kawasan industri dengan taraf minimal multinasional. Kedua pendukung ini menuntut suatu program berkelanjutan terkait penggunaan bahasa Inggris sebagai capaian pembelajaran pasca mata kuliah tersebut ditempuh. Pengkondisian mahasiswa sebagai objek dan pertimbangan pelaksanaan kegiatan menghasilkan suatu hubungan kerjasama. Sekai Elite Karawang sebagai salah satu penyedia layanan pendidikan non formal. Pengajar yang diberikan berpengalaman di public speaking baik di kalangan industri maupun atmosfer universitas. Kegiatan ini memiliki jangka waktu 1 tahun dengan 2 level. Jadwal perkuliahan terhadap program speaking diatur oleh pengelola program studi Teknik Kimia. Penggunaan salah satu kelas di Unsika memberikan kemudahan akses dan pemantauan secara langsung oleh pencetus kegiatan. Perekaman selama kegiatan juga dilakukan untuk membantu pembelajaran secara berulang dan mandiri yang diunggah ke channel Youtube Dessy Yu. Hasil selama 10 pertemuan ini memberikan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris di hadapan sesama mahasiswa dan juga pembelajaran psikologis peserta terhadap rendahnya rasa percaya diri terhadap program ini.

References

Arifin, S., Septiani, E., Indarwati, Y., & Hidayah, N. N. (2015). “Top Speak” To Improve Speaking Skill In SMP N 3 Dolopo. English Teaching Journal : A Journal of English Literature, Language and Education, 3(1), 72–77. https://doi.org/10.25273/etj.v3i1.733

Askia, S., Manurung, K., & Wahyudin, W. (2016). Improving Speaking Skills Through Active Learning Strategy Of The Year Eight Students. E-Journal of ELTS (English Language Teaching Society), 4(2), 1–13. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ELTS/article/view/6016

Derakhshan, A., Khalili, A. N., & Beheshti, F. (2016). Developing EFL Learner’s Speaking Ability, Accuracy and Fluency. English Language and Literature Studies, 6(2), 177. https://doi.org/10.5539/ells.v6n2p177

Leong, L.-M., & Ahmadi, S. M. (2017). An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill. International Journal of Research in English Education, 2(1), 34–41. https://doi.org/10.18869/acadpub.ijree.2.1.34

Mart, C. T. (2012). Developing Speaking Skills through Reading. International Journal of English Linguistics, 2(6), 91–96. https://doi.org/10.5539/ijel.v2n6p91

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 147. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246

Parmawati, A., & Inayah, R. (2019). Improving Students’ Speaking Skill Through English Movie In Scope Of Speaking For General Communication. Eltin Journal, Journal of English Languange Teaching in Indonesia, 7(2), 43–53. https://doi.org/10.22460/eltin.v7i2.p43-53

Samad, I. A., Bustari, A., & Ahmad, D. (2017). The use of podcasts in improving students’ speaking skill. Journal of English Language and Education, 3(2), 97–111. https://doi.org/10.26486/jele.v3i2.256

Sari, D. A., Hakiim, A., & Efelina, V. (2019). Kajian ulang pemahaman konsep integral-turunan pasca ujian akhir semester. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2050

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Kutubkhanah (Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan), 17(1), 127–145. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/813

Torky, S. A. E. F. (2006). The Effectiveness of a Task- Based Instruction program in Developing the English Language Speaking Skills of Secondary Stage Students. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED523922

Published
2020-07-09