PELATIHAN MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR

  • Yusep Ahmadi F IKIP Siliwangi
  • Gida Kadarisma IKIP Siliwangi
Keywords: pelatihan menulis karya ilmiah; guru SD

Abstract

Pelatihan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang menyasar Sekolah dasar sebagai mitranya. Sekolah Dasar yang menjadi mitra program ini adalah SD N Cibeber 1. SD N Cibeber 1 merupakan salah satu SD yang terletak di Kota Cimahi. Secara geografis SD ini tergolong berada di daerah yang tidak terlalu jauh dari perkotaan modern, yakni pusat kota. Akan tetapi masih membutuhkan pelatihan menulis karya ilmiah untuk meningkatkan keterampilan menulis guru agar menjadi lebih baik. Berdasarkan hal tersebut program kemitraan stimulus ini urgen untuk dilaksanakan mengingat begitu besar manfaanya dan sangat dibutuhkan mitra saat ini. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang menulis karya ilmiah  yang berupa laporan penelitian tindakan kelas dan artikel jurnal ilmiah. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah dengan cara memberikan pelatihan terstruktur menggunakan media Zoom Meeting dan WhatsApp. Kegiatan ini diikuti 13 peserta. Instrument yang digunakan untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah  berupa angket dan pedoman penilaian artikel. Hasil pelatihan ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan sebesar 36% serta respon positif dari peserta pelatihan. Dengan diadakannya pelatihan ini memberi kemudahan guru membuat karya ilmiah seperti laporan penelitian tindakan kelas atau artikel jurnal ilmiah sebagai syarat untuk kenaikan golongan fungsional serta meningkatkan kualitas guru di bidang menulis.

References

Ahmadi f, Y., & Kadarisma, G. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Kelompok Guru SDN Melong Mandiri 4 Kota Cimahi. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 388–396. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i1.3663

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, 1(1), 22–26.

Hedge, T. (2008). Teaching and learning in the language classroom. Oxford University Press.

Kadarisma, G., & Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Marselina, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas Xi Man I Kota Sungai Penuh. Jurnal IlmiahPendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14–21. http://www.antaranews.com/berita/330125/lipi-

Mulyawan, B. (2015). Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Media Komunikasi FIS, 11(1), 45–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/download/453/371

Rahmiati. (2013). Problematika Mahasiswa dalan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Adabiyah, 8(2), 160–175. https://doi.org/http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/363

Sitompul, N. C., Rufi’i, R., Leksono, I. P., & Rejeki, H. W. (2019). Meningkatkan Kompetensi Pendidik di Era Pembelajaran Abad 21 dengan Menjadi Guru Blogger. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 330–338. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3131

Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 27–38. https://doi.org/10.1007/s10531-008-9459-4

Published
2020-07-08