PELATIHAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE BAGI GURU SMP MELALUI PENDEKATAN REVOLUSI 4.0 DI ERA COVID-19

  • Ratni Purwasih IKIP Siliwangi
  • Usman Aripin IKIP Siliwangi
  • Dedah Jumiatin IKIP Siliwangi
Keywords: Pembelajaran online;Website;E-mathgogy; guru SMP

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih guru agar memiliki keterampilan memanfaatkan E-learning  berbasis website dalam pembelajaran, mendampingi guru mendesain modul panduan  petunjuk tentang proses belajar dan mengajar  yang menggunakan  E-learning  berbasis website dan guru mampu memanfaatkan secara optimal era digital sebagai penunjang proses pembelajara. Metode pengabdian melalui Zoom meeting Pro dan di hadiri sebanyak 25 peserta pelatihan di MTs Cahaya Harapan.  Pelatihan diselenggarakan selama 2 kali pertemuan pada bulan Juni dan Juli 2020. Hasil pelatihan ini adalah meningkatnya keterampilan peserta berkenaan dengan pembelajaran e-learning melalui  IPTEK E-mathgogy. Hasil dari pengabdian ini yaitu meningkatnya keterampilan guru dalam menggunakan e-learning berbasis Moodle dibuktikan dengan hasil karya mereka pada laman e-learning. Peserta merasa pelatihan ini penting karena dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola pembelajaran melalui e-learning berbasis Moodle.

References

Batubara, H., H. (2018). Pelatihan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Dosen-Dosen Universitas Islam Kalimantan Mab Banjarmasin. Journal of Character Education Societ, 1(1), 57-66.

Fahmi, S., Priwantoro, S.W., & Nugroho, B.A.N. (2018). Pelatihan Kemampuan E-Learning Guru Matematika Dengan Menggunakan Dengan Moodle Hayatunnizar. (2016). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2 (1), 71-75.

I Kadek S, I Dewa Made. (2014). E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate . The BMJ. 2 (1), 150 159.

Marikar, F. M. (2016). Effectiveness of MOODLE in Education System in Sri Lankan University. International Journal of Modern Education and Computer Science, 8 (2), 54.

Martín-Blas, T. &.-F. (2009). The role of new technologies in the learning process: Moodle as a teaching tool in Physics. Computers & Education, 52(1), 35-44.

Ngibad,K., Herawati, D., Ekawati, E.R., & Pradana, M.S. (2020).Pelatihan E-learning berbasis Moodle untuk Dosen-Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Darmabakti : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1),13–18.

Nurjamil1, D., & Miftahudin, Z. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Platform Moodle Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru: E-Learning Training Using Moodle Platform as an Effort. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas SejahteraMatematika, 1(1),84-91.

Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 Tahun 2008 tentang guru, 2008. Depdiknas. Sistem Penilaian KTSP: Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan. Susanti, E. dan M. Sholeh. 2008. Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. J. Teknol. IST Akprind, 1(1): 53–57.

Purwasih, R., Aripin, U., Santana, F.D.T. (2019). Realistic Mathematic Worksheet Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khatulistiwa, 2(2), 70-77.

Published
2020-07-09