MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO DAN ISPRING PRESENTER

  • Ahmad Suryadi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Novrita Mulya Rosa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran; Camtasia Studio: Ispring Presenter

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Camtasia Studio dan Ispring Presenter. Mitra kerjasama keiatan ini adalah para guru di SMP Al-Qalam Jakarta Timur. Metode pelaksanaan kegiatan dengan cara presentasi, demonstrasi dan praktik. Metode presentasi diterapkan pada pengenalan software, kemanfaatannya dan penerapannya dalam pembutan media pembelajaran interaktif. Metode demonstrasi mengenai pengoperasionalan program dan metode praktik dimana guru mempraktikkan secara langsung pengoperasionalan program dan pembuatan media pembelajaran. Langkah-langkah kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelatihan dan evaluasi. Luaran dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio dan Ispring Presenter.

References

Alfiandra, & Mulyadi, M. (2016). Pengembangan Produk Pembelajaran Melalui Pembelajaran Melalui Media Ispring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4564

Durri, A. A., Raharjo, H., & Muchyidin, A. (2016). Applications of Mathematics Charged Islamic Values By Using Macromedia Flash and Camtasia. ITEj, (75).

Firmadani, F., Shalima, I., & Firdaus, M. M. Al. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Ispring Presenter Bagi Guru Mi Al Islam Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Conference on Language and Language Teaching Pelatihan, 170–177.

Frendy Nurochwan Febryanto. (2015). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan. 4(1), 1509–1521.

Gogali, V. A., Erlangga, C. Y., & Putra, J. P. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi ( Studi pada SSDM Mabes Polri Jakarta Selatan ). Jurnal Abdimas Bsi, 1(3), 503–509.

Martiningsih, R. (2018). Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8 The Increase of Set Learning Outcomes By Using iSpring Suite 8 Aplication. 1–13.

Nosa, D. E., & Farida. (2018). Aplikasi Wingeom dan Camtasia Studio untuk Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Pendahuluan Matematika merupakan pelajaran kompleks yang diajarkan di semua jenjang pendidikan , ( Agustiana , Putra , & Farida , 2018 ). Matematika adalah ilmu dasar pen. 1(2), 127–137.

Nur, J. E., Hadi, P. P., & Grendi, H. (2018). 済無No Title No Title. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 12–31. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Purnomo, E. A., Handayani, S., Kadarwati, S., & Pohan, S. (2018). E-DIMAS. 9(2), 141–148.

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di Sma Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194

Riskiawan, H. Y., Sarwo Setyohadi, D. P., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimediauntuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru Sma. J-Dinamika, 1(1), 48–52. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.134

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung.

Subekti, E. E., Cahyadi, F., & Fajriah, K. (2017). Multimedia Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Dalam Mata Kuliah Matematika 1 Untuk Mahasiswa Pgsd. Journal of Medives, 1(2), 134–140. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Suprapti, E. (2015). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Dengan Microsoft Powerpoint Ispring Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. 2(1), 1–21.

Wati, D. P., Sahrir, D. C., & Lutfi, A. F. (2018). Pelatihan Pembuatan dan Pendampingan Penerapan Multimedia Genggam Si Dio (Camtasia Studio) Berbasis Android bagi Tutor PKBM di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.30653/002.201832.74

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647

Published
2020-07-08