MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

  • Andri Rahadyan Universitas Indraprasta PGRI
  • Nita Rosdiana SMA Negeri 5 Tambun Selatan
Keywords: teknik, probing, prompting, pemecahan, masalah, matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan teknik probing prompting. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 64 siswa SMP Negeri 12 Bandung. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan teknik probing prompting sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data dianalisis menggunakan perbedaan rerata dengan uji Mann-Whitney. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan teknik probing prompting lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

References

Ani, E. U., & Rahayu, P. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berbentuk Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 40. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p40-49

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304

Bahtiar, R. S. (2020). Metode Probing-Prompting dalam Meningkatkan Kemampuan Melengkapi Puisi bagi Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 60–75.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. 4th Edition. In SAGE Publication. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Danaryanti, A., & Tanaffasa, D. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2283

Doorman, M., Drijvers, P., Dekker, T., van den Heuvel-Panhuizen, M., de Lange, J., & Wijers, M. (2007). Problem solving as a challenge for mathematics education in The Netherlands. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 39(5–6), 405–418. https://doi.org/10.1007/s11858-007-0043-2

Elvandari, H., & Supardi, K. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1651–1660.

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–23.

Herlawan, H., & Hadija, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Latief, H., Rohmat, D., & Ningrum, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Geografi : Gea, 14(1), 11–27. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3358

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Mutmainnah, S., Ali, M., & Napitupulu, N. D. (2014). Penerapan Teknik Pembelajaran Probing -Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri I Banawa Tengah. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(1), 38. https://doi.org/10.22487/j25805924.2014.v2.i1.2767

Rahadyan, A., & Halimatussa’diah, H. (2019). Penerapan dynamic software GeoGebra dan Cabri 3D dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 154–172.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI.IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 96–107. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Gearminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Utami, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMA/MA. Riksa Bahasa, 2(2), 153.

Widyastuti, D. A., Ganing, N. N., & Ardana, I. K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Yanuardi, Y., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dilihat Dari Metakognisi Materi Bangun Datar Smpn 3 Sungai Pinyuh. Pendidikan Dan Pembelajaran FKIP Untan Pontianak, 7(4).

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.23

Published
2020-07-08