KLASIFIKASI KARAKTERISTIK MINAT MEMBELI MAHASISWA MUSLIM DI KABUPATEN SIDOARJO MENGGUNAKAN ANALISIS CLUSTER

  • Cindy Cahyaning Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Ratiwi Meiliza Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dian Novita Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: muslim students; halal food; cluster analysis

Abstract

Abstrak: Perkembangan wisata kuliner mengalami peningkatan pesat pada beberapa tahun terakhir terutama pada wisata kuliner halal, hal tersebut dikarenakan kita berada di negara Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk beragama muslim. Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu daerah yang mengalami peningkatan wisata kuliner halal dengan target pasar adalah mahasiswa muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan karakteristik mahasiswa muslim sebagai konsumen wisata kuliner halal di Kabupaten Sidoarjo. Terdapat beberapa faktor pada proses klasifikasi yaitu kesadaran halal, sertifikasi halal, kesehatan,  bahan makanan, persepsi nilai dan minat membeli makanan halal. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis cluster untuk selanjutnya dilakukan analisis statistika deskriptif untuk mengetahui karakteristik pada cluster yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua cluster yang terbentuk. Dari 385 responden yang berstatus mahasiswa muslim di Kabupaten Sidoarjo, 295 orang masuk pada cluster pertama, sedangkan 90 sisanya masuk pada cluster kedua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 78% mahasiswa muslim tertarik untuk membeli makanan halal dan telah sadar akan pentingnya sertifikasi halal, kesehatan, bahan makanan serta persepsi nilai pada destinasi wisata kuliner halal yang mereka kunjungi. Selanjutnya dari deskriptif statistik diperoleh informasi bahwa anggota pada cluster 1 memiliki rata-rata karakteristik variabel yang lebih tinggi daripada anggota pada cluster 2.

Abstract:  The development of culinary tourism has increased rapidly in recent years, especially in halal culinary tourism, this is because we are in Indonesia which has a majority Muslim population. Sidoarjo Regency is one of the regions experiencing an increase in halal culinary tourism with a target market of Muslim students. This study aims to classify the characteristics of Muslim students as consumers of halal culinary tourism in Sidoarjo Regency. There are several factors in the classification process, namely halal awareness, halal certification, health, food ingredients, perceived value and interest in buying halal food. The analysis technique used is cluster analysis and then a descriptive statistical analysis is performed to determine the characteristics of the cluster formed. The results showed that there were two clusters formed. Of the 385 respondents who were Muslim students in Sidoarjo Regency, 295 people entered the first cluster, while the remaining 90 entered the second cluster. So it can be concluded that as many as 78% of Muslim students are interested in buying halal food and are aware of the importance of halal certification, health, food ingredients and the perceived value of the halal culinary tourist destinations they visit. Furthermore, from descriptive statistics obtained information that members in cluster 1 have a higher average characteristic of variables than members in cluster 2.

References

Ali, M. (2016). Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), 291–306. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ahkam/article/view/4459

Dani, A. T. R., Wahyuningsih, S., & Rizki, N. A. (2019). Penerapan Hierarchical Clustering Metode Agglomerative pada Data Runtun Waktu. Jambura Journal of Mathematics, 1(2), 64–78. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i2.2354

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2009). Multivariate Data Analysis Fifth Ed. Prentice Hall International.Inc.

Kaya Gülağız, F., & Şahin, S. (2017). Comparison of Hierarchical and Non-Hierarchical Clustering Algorithms. In International Journal of Computer Engineering and Information Technology (Vol. 9, Issue 1). www.ijceit.org

Listyoningrum, A., & Albari, A. (2012). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(1), 40–51.

Nulufi, K., & Murwartiningsih, M. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.15294/maj.v4i2.7813

Nurhasanah, S., Munandar, J. M., & Syamsun, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8(3), 250–260. https://doi.org/10.29244/jmo.v8i3.22473

Paramadina, M., Sudarmin, S., & Aidid, M. K. (2019). Perbandingan Analisis Cluster Metode Average Linkage dan Metode Ward (Kasus: IPM Provinsi Sulawesi Selatan). VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, 1(2). https://doi.org/10.35580/VARIANSI.V1I2.9357

Saraçli, S., Doǧan, N., & Doǧan, I. (2013). Comparison of hierarchical cluster analysis methods by cophenetic correlation. Journal of Inequalities and Applications, 2013(1), 203. https://doi.org/10.1186/1029-242X-2013-203

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen. PT. Indeks.

Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5515

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4). https://doi.org/10.15294/maj.v5i4.5571

Sufi Fauzia, D. R., Pangestuti, E., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1), 37–46.

Yim, O., & Ramdeen, K. T. (2015). Hierarchical Cluster Analysis: Comparison of Three Linkage Measures and Application to Psychological Data. The Quantitative Methods for Psychology, 11(1), 8–21.

Yuwono, D. B. (2017). Kepedulian Muslim Perkotaan Terhadap Kehalalan Makanan Produk Pengusaha Mikro Kecil (Kasus pada Masyarakat Muslim Minoritas di Kota Kupang, NTT) ). Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 1(1), 111–137. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2017.0101-07

Zolfaghari, F., Khosravi, H., Shahriyari, A., Jabbari, M., & Abolhasani, A. (2019). Hierarchical cluster analysis to identify the homogeneous desertification management units. PLOS ONE, 14(12), e0226355. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0226355

Published
2020-07-08