Penggunaan Alat Peraga Lingkar Santri (Lingkaran Satuan Trigonometri) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Main Article Content

Misnawati Misnawati
Nurhardiani Nurhardiani
Erpin Evendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga lingkar santri (lingkaran satuan trigonometri) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Uswatun Hasanah. Adapun instrumen penelitian yaitu tes yang dibuat sesuai dengan indikator pemahaman konsep, lembar observasi berupa lembar aktivitas guru dan aktivitas siswa, uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Sampling jenuh. Dalam penelitian ini kelas X IBB dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA dijadikan sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian jenis Posttes-Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan uji-t Pooled Varians yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan alat peraga lingkar santri (Lingkar Satuan Trigonometri) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa

Article Details

How to Cite
Misnawati, M., Nurhardiani, N., & Evendi, E. (2018). Penggunaan Alat Peraga Lingkar Santri (Lingkaran Satuan Trigonometri) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 33-38. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/86
Section
Articles

References

Alfirdaus, Abdul Hadi. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Kotif (Koin Positif Negatif) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dewiatmini, Paramita. (2010). Upaya Meningkatkan Pemahan Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Skipsi, FMIPA UNY, Yogyakarta.
Eka, Lestari karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Reika Aditama.
Krismanto, Al. (2008). Pembelajaran Trigonometri SMA, Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia.
Nia Kania. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal Theorems, Vol. 2(1).
Nurhalimah. (2008). Penggunaan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Tabung dan Kerucut di Kelas VIII-B Dakwah Islamiyah Putri Kediri Tahun Ajaran. Skripsi, IAIN Mataram.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.