Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Bagi Siswa Kelas VII SMP

Main Article Content

Tandur Tandur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII C SMPN 1 Pujut Tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar PKn pada kondisi awal (tes kemampuan awal), siklus I, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata-rata kelas hanya 53,5 dengan ketuntasan kelas sebesar 16,7% dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 5 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 69,7 dan ketuntasan kelas meningkat menjadi 53,3% (mengalami peningkatan sebesar 36,6%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 16 siswa. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 81,6 dan ketuntasan kelas menjadi 86,7% (mengalami peningkatan sebesar 33,4%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII C SMPN 1 Pujut Tahun 2016/2017.

Article Details

How to Cite
Tandur, T. (2018). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Bagi Siswa Kelas VII SMP. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 26-32. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/85
Section
Articles

References

Baroto, Aji. (2008). Overview of Cooperative Learning Definition. Journal Science and Technology. Volume 37, Issue 9, 415-440.
Basrowi & Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
Dedidwitagama. (2008). Laporan Penelitian Tindakan Kelas PKn. http://dedidwitagama.wordpress.com/2008/01/31/laporan-tindakan/kelas-pkn. Diunduh tanggal 28 April 2009 jam 09.16 WIB.
Etin Solihatin & Raharjo. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Fachrul Razi. (2001). Mengenal Civic Education. http://re-searchengines.com/fahcrul-razi.html. Diunduh tanggal 10 Juni 2009 jam 18.45 WIB.
Fadliyanur.(2008).CivicsEducation.http://fadliyanur.blogspot.com/2008/1/civic-education.html. Diunduh tanggal 13 Juni 2009 jam 13.37 WIB.
Uno, Hamzah B. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Herawati Susilo, Husnul Chotimah, & Yuyun Dwita Sari. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumodic Publishing
Kasihani Kasbolah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Linda Brown & Vicky Lara. (2007). Teaching Large Classes. International Journal of Educational Research. Volume 45, Issue 4, 110-125.
Moleong, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhamad Subarkah. (2009). Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. http://muhamads-teknologi-pendidikan.blogspot.com/2009/03/paradigma-pendidikan-kewarganegaraan.html. Diunduh tanggal 8 Juni 2009 jam 18.48 WIB.
Muhammad Numan Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nizar Alam Hamdani & Dody Hermana. (2008). Classroom Action Research. Sukabumi: Rahayasa Research and Training.
Hamalik, Oemar. (1994). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Peter Salim & Yenny Salim. (1991). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian). Surakarta: UNS Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad, Winarno. (1990). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Winkel, WS. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Arifin, Zainal. (1990). Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.