Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bola Basket Melalui Penerapan Modifikasi Sarana Pembelajaran Pada Kelas X SMA

Main Article Content

Santosa Santosa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modifikasi sarana pembelajaran  dalam meningkatkan hasil belajar shooting permainan bola basket pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pujut, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pujut, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes ketrampilan shooting bola basket dan observasi dari proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian inia dalahs ecara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian inia dalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian meliputi planning, acting, observation dan reflecting. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan modifikasi sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting permainan bola basket pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1  Pujut, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan kondisi dari observasi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan aktivitas dalam proses pembelajaran maupun hasil akhir kemampuan shooting bola basket. Dari pengukuran seluruhan pembelajaran diperoleh prosentasi ketuntasan hasil belajar shooting bola basket pada kondisi awal (38,89%), siklus I (63,89%), dan siklus II (83,33%), sehingga peningkatan dari ondisi awal ke siklus II sebesar (44,44%).

Article Details

How to Cite
Santosa, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bola Basket Melalui Penerapan Modifikasi Sarana Pembelajaran Pada Kelas X SMA. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 21-25. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/84
Section
Articles

References

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran & Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Kosasih, Engkos. 1994. Program Latihan Olahraga Prestasi. Jakarta: Penerbit Pusat Kesehatan Olahraga.
Harsono. 1986. Ilmu Coacing. Jakarta: Pusat Ilmu Olahraga KONI Pusat.
Hidayat, Imam. Materi Pokok Pengetahuan Dasar Gerak Komunikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pedoman Guru Olahraga. 1983. Pengetahuan Tentang Olahraga. Jakarta: PT. Resda Jaya Putra.
Tap MPR No. II/MPR/1993. Garis-garis Besar Haluan Negara tentang Pendidikan Jasmani.
U. Jonath, dkk. 1987. Program Latihan. Jakarta: PT. Rosda Jaya Putri.
Dwiyogo, Wasis Djoko. 1984. Pengetahuan Kesegaran Jasmani. Malanga: Penerbit FPOK IKIP Malang.
Yulius S. 1980. Kamus Baru Bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.
Arikunto, Suharsini. 1989. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.
Dwiyogo, Asis Djoko. 1991. Pengetahuan Pendidikan jasmani dan Kesehatan. Surabaya: Program pendidikan Olah Raga dan Kesehatan FIP IKIP Surabaya.
Fuchan, Arief. 1982. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Depdikbud: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Depdikbud.