Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Belajar Kelompok dalam Pelajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas VII SMP

Main Article Content

Setiawan Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lombok Tengah dalam belajar Bahasa Inggris tahun 2015/2016, melalui pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan, metode pengumpulan data observasi, interview tes , dan dokumentasi. Diperoleh rata-rata nilai capaian siswa pada tes awal 56,00 sedangkan pada tes yang dilaksanakan setelah ada perlakuan diperoleh rata-rata capaian sebesar 61,00 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 8,92 %.Disimpulkan bahwa Belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun 2015/2016.

Article Details

How to Cite
Setiawan, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Belajar Kelompok dalam Pelajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas VII SMP. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 16-20. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/83
Section
Articles

References

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research In Education. Boston: Allyn & Bacon.
Hamalik, Oemar. (1983). Metode Belajar Dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Hamalik, Oemar. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kelinger, Fred. N. (1981). Foundations Of Behavioral Research. Second Edition. Tokyo: Holt Saunders International Editions Tokyo Japan.
Keiten, Dorotly. (1988). Cara Belajar Yang Berhasil. Salatiga: Universitas Satya Wacana.
Mantra, I.B. (1998). Langkah-langkah Penelitian Survei dan Laporan Penelitian. Yogyakarta: BPFG – UGM.
Miles, M.B & Huberman, A.M. (1984). Analisis Data Qualitatif terj. Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mira Mulasandi dan Dewi Pramita. (2017). Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Learning Together (LT) dengan Paduan Model Talking Stick Materi SPLDV Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 22-25
Moleong, Lexy J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Nasution, S. (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.
Nur, Muhammad. (1987). Pengantar Teori Tes. Jakarta : P2LPTK.
Sukirin. (1984). Psikologi Belajar. Yogyakarta: FP IKIP Yogyakarta.
Winarno, S. (1985). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Winkel. (1984). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Zuriah, N. (2003). Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Dan Sosial. Edisi Pertama. Lombok Tengah: Bayu Media Publishing.