Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Kompetensi Dasar Permintaan dan Penawaran Serta Terbentuknya Harga Pasar dengan Metode Tutor Sebaya Kelas VIII SMP

Main Article Content

Empel Gunadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perubahan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pujut tahun ajaran 2016/2017. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,51 dengan ketuntasan klasikal 44,33%, aktivitas siswa sebesar 77,5% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 72,5% atau kategori tinggi. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,33 dengan ketuntasan klasikal 83,33%, aktivitas siswa 90% atau aktivitas siswa dalam kategori sangat tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 92,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar pada materi permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pujut tahun 2016/2017.

Article Details

How to Cite
Gunadi, E. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Kompetensi Dasar Permintaan dan Penawaran Serta Terbentuknya Harga Pasar dengan Metode Tutor Sebaya Kelas VIII SMP. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 11-15. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/82
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Amirrudin, Moh. (2010). Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII A MTS- AL- MA’ARIF 01 Singosari Malang. Skripsi. Malang: Pendidikan IPS Tarbiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Catharina Tri Anni, Achmad Rifa’i. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinneka Cipta.
Harianto, Dedy. (2009). Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya TerhadapHasil Belajar Siswa Dalam Belajar Microsoft Excel Kelas VIII SMP Dua Mei Banjaran. Bandung: Jurnal UPI Bandung.
Isjoni. (2012). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung:Alfabeta.
Mudjiono, Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rinneka Cipta.
Oemar,Hamalik. (2007). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Poerwadarminta. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.
S, Nasution. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematik Kontemporer. Bandung: UPI.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrustik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.