Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Menerapkan Metode Pemberian Balikan

Main Article Content

Abdul Azim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap hasil belajar Matematika. (b) Untuk mengungkap pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa SDN Bunpedek tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69,44%), siklus II (80,56%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan pemberian balikan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN Bunpedek tahun 2015/2016

Article Details

How to Cite
Azim, A. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Menerapkan Metode Pemberian Balikan. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 1-10. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/81
Section
Articles

References

Achmadi dan Supriyanto. (1990). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Combs, Arthur. W. (1984). The Profesional Education of Teachers. Boston: Allin and Bacon, Inc.
Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Banjarmasin: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasasi.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. (1999). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. (1998). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhlis, Abdul, dkk. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Poerwodarminto. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.
Rustiyah, N.K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. (1988). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Soetomo. (1993). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Suratman. (2018). Matematika dengan Menerapkan Metode Pemberian Balikan Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 51-56
Usman, Uzer. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.