Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara dan Membaca dengan Menerapkan Metode STAD dan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VI SD

  • Lalu Mawardi SDN Prapak
Keywords: Model STAD, Role Playing, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran model STAD dan Role Playing terhadap siswa Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas tiga siklus. Pengumpulan data berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Kesimpulan bahwa penerapan model STAD dan Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Published
2020-01-30
How to Cite
Mawardi, L. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara dan Membaca dengan Menerapkan Metode STAD dan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VI SD. JRIP : Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 2(1), 53-59. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/79
Section
Articles