Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA dengan Metode BERJUBEL (Belajar dengan Bermain Jual Beli)

  • Saidun SMPN 2 Kopang
Keywords: Pembelajaran BERJUBEL, Minat dan Hasil Belajar Siswa, Klasifikasi Mahluk Hidup

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPA materi pokok Klasifikasi Mahluk Hidup bagi siswa kelas VII SMP melalui penggunaan metode Berjubel. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan metode Berjubel dalam kelompok besar, sedangkan pada siklus II penggunaan metode Berjubel dalam kelompok kecil. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk minat belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori minat belajar baik meningkat dari kondisi awal 30% menjadi 35% pada siklus I dan menjadi 52% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 22% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 43% menjadi 74% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 40% dari kondisi awal.

References

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri No 22/2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Djamrah, S.B. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta
Mulyana, A. 2017. Pengertian Minat dan Minat Belajar Siswa.(online), http://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html diakses pada tanggal 1 Oktober 2017.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Slamet, I, S. 2003. Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa. Jakarta: Haji Mas Agung.
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Susanto
Sudjana, N. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Thamrin,Y. 2016. Metode Pembelajaran dengan Permainan (Games Method).(online), http://www.maringngerang.com/2016/10/games-learning-method.html diakses pada tanggal 1 Oktober 2017.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Usman, Uzer. (2003). Menjadi guru profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Published
2020-01-30
How to Cite
Saidun. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA dengan Metode BERJUBEL (Belajar dengan Bermain Jual Beli). Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(1), 47-52. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/78
Section
Articles