Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Rotating Trio Exchange Pada Pokok Bahasan Diagram Venn

  • Mawardi SMPN 2 Kopang
Keywords: pembelajaran rotating trio exchange, aktivitas dan motivasi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar matematika dengan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I dari 21 siswa rata-rata aktivitas pembelajaran matematika sebelum menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange sebesar 70%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi pembelajaran rata-rata 61% dari 21 siswa. Pada siklus II rata-rata pengamatan aktivitas pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange 88%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi siswa menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange pada siklus II sebesar 81%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan metode pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa

References

A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasai Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Bertiningtyas, Reka. 2011.”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui pembelajaran Kooperatif Metode Course Review (CRH) pada kelas 2 SDN Banjarejo 1 Ngariboyo Magetan Tahun pelajaran 2010/2011”. Skripsi S-1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Wibowo, Aris. 2012.” Pembelajaran Kooperatif Denganquestion Student Have Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Kreativitas Belajar Matematika Kelas Viiimts Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo”. Skripsi S-1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Hamzah, Ali. 2011. Perencanaan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Mulyati, Sri. 2007.” Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas I Semester II Tahun Ajaran 2006/2007 Pokok Bahasan Menggunakan Nilai Tempat Dalam Penjumlahan Dan Pengurangan Dengan Metode Demonstrasi Dan Memanfaatkan Alat Peraga Manik-Manik Di SD Perumnas Banyumanik 14 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang”. Skripsi FMIPA Universitas Negeri Semarang
Silberman, Melvin. 2006. Active Learning. Bandung: Nuansa
Silberman, Melvin. 2011. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa
Syamrilaode. 2009. “Aktivitas belajar-mengajar Matematika”.http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2115106-aktivitas-belajar-mengajar-matematika/#ixzz1ri1gPqaQ, diakses tanggal 20 Februari 2014
Junaidi, Samsul, dan Tatag Yuli E.S. 2006. Matematika SMP jilid 1 untuk Kelas VII. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Suhardjono. 2010. Penelitian Tindakan kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia
Published
2020-01-30
How to Cite
Mawardi. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Rotating Trio Exchange Pada Pokok Bahasan Diagram Venn. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(1), 40-46. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/77
Section
Articles