Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Bebas: Sudut Pandang Struktur Fisik dan Batin Puisi

  • Jamaludin SMP Negeri 2 Praya
Keywords: kemampuan menulis; puisi bebas; belajar menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaan, serta penghalus budi pekerti.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi bebas siswa SMP ditinjau dari segi struktur batin dan struktur fisik puisi. Subjek penelitian yang ditetapkan sebanyak 29 siswa SMP di Lombok Tengah. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif expost facto dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja (menulis puisi), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dikategorikan belum mampu atau belum mamadai dalam menuliskan pusi bebas.

References

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Atmazaki. 1993. Analisis Sajak Teori, Metodologi dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.
Aziz, dan Andi Syukri Syamsuri. 2011. Apresiasi dan Kajian Puisi. Surabya: Penerbit Bintang Surabaya.
Depdiknas.2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Effendi, S., 1996. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende: Nusa Indah.
Endraswara, Suardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Bandung: STSI Press
Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi kajian Teori Sastra dan Analisi. Bandung: Angkasa.

Kartini.2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Menulis Akrostik, No. 01, November 2011.
Sitaresmi, Nunung. 2011. “Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dalam Puisi Kontemporer”. Artikel.Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurjamal, Daeng, dkk. (2011). Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta
Pradopo, Rachmat Djoko. 1987. Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sujarwanto, dkk. 2002. Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Peran Transformasi Sosial Budaya Abad XXI. Yogyakarta: Gama Media.
Sulastriningsih dan Mahmudah.2007. Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.
Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Published
2020-01-28
How to Cite
Jamaludin. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Bebas: Sudut Pandang Struktur Fisik dan Batin Puisi. JRIP : Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 2(1), 31-39. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/76
Section
Articles