Meningkatkan Konsep Diri Dalam Pergaulan Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VII SMP

  • Yulia Prabayanti Rahayu SMPN 9 Mataram
Keywords: Konsep Diri, Pergaulan Remaja, Bimbingan Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Konsep diri yang positif dalam pergaulan remaja di antara teman sebaya sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dalam mengasah potensi yang dimilikinya.                 Subyek penelitian Siswa kelas VII sejumlah 30 orang siswa. Jumlah tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing beranggotakan 15 orang siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 6 bulan dengan melihat dari kasus yang ada dalam pergaulan sehari-hari di Sekolah. Metode penelitian komparatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I terdapat 10 orang siswa yang memiliki kesulitan dalam interaksi sosialnya akibat konsep diri yang negatif. Selanjutnya pada siklus II tinggal 2 orang siswa yang masih terlihat kesulitan dalam interaksi dengan temannya di kelas. Sehubungan dengan itu untuk menumbuhkan dan mengembangkan pergaulan yang baik dalam hal ini juga sangat dibutuhkan peran serta orang tua dalam memberikan perhatian dan penilaian yang baik terhadap kegiatan yang dilakukan putra putrinya serta menunjukkan penerimaan dan penghargaan demi tercapainya keselarasan batin anak.  Demikian juga kepada rekan-rekan guru BK, untuk lebih meningkatkan kualitas layanan BK dengan bentuk-bentuk penyajian yang lebih inovatif, kreatif dalam menunjang pengembangan kosep diri yang positif. Dengan demikian, BK makin dekat di hati siswa dan materi layanan pun makin baik sehingga kesulitan dapat segera diatasi

References

Agustina, A., & Appulembang, Y. A. (2017). Pengaruh Pola Asuh terhadap Kualitas Hidup Siswa Pelaku Tawuran. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 210. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.351
Atmoko, T. (2011). Pengenalan Sistem Kelompok Sosial Pada Primata Sebagai Salah Satu Dasar Informasi Upaya Konservasi. Hasil-Hasil Riset Untuk Mendukung Konservasi Yang Bermanfaat Dan Pemanfaatan Yang Konservatif, 167.
Latifah, Fi. (2012). Hubungan Karakteristik Anak Usia Sekolah dengan Kejadian Bullying di Sekolah Dasar X Bogor. Skripsi, p. 87.
M, R. A. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Nova, M., Novita, N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 40–47.
Mulyana, R., Pendahuluan, A., & Naess, M. A. (2009). Penanaman Etika Lingkungan Melalui. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 6(2), 175–180.
Paparang, O. E. (2017). Peran Serta Warga Sekolah dalam Melaksanakan Program Adiwiyata Di Sma Negeri 9 Lempake Samarinda. eJournal Administrasi Negara, 5(2), 5922–5933.
Rifandi, F. P. dan A. (2018). Profil Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Madrasah Ibtida’Iyah Wangkis Ngemplak Boyolai. Prosiding Seminar Nasional, 0(0).
Published
2020-01-27
How to Cite
Prabayanti Rahayu, Y. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Dalam Pergaulan Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(1), 14-18. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/72
Section
Articles