Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Dalam Menaati Tata Tertib Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Siswa Kelas VIII SMP

  • I Nengah Parwata SMPN 9 Mataram
Keywords: Kedisiplinan Siswa, Tata Tertib Sekolah, Layanan Bimbingan Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin kerapian berseragam siswa dalam mengikuti upacara melalui bimbingan kelompok. Hasil yang diharapkan untuk mengubah tingkat minat belajar siswa yang rendah menjadi lebih baik. Subjek penelitian siswa SMP sejumlah 12 siswa dibagi menjadi 2 kelompok bimbingan. Kelompok I dan II masing-masing dengan 6 anggota. Penelitian dilakukan selama tiga (3) bulan. Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK BK) ini hanya memeriksa dan melaporkan masalah yang terkait dengan minat belajar yang renda. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas  bidang Bimbingan dan Konseling (BK PTK). Metode penelitian komparatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif komparatif menunjukkan bahwa minat belajar siswa dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II meningkat. Hal ini ditampilkan pada minat belajar siswa awal ada 20 siswa yang  tidak sesuai dengan harapan, dan siklus I ada 12 siswa, dan setelah siklus II tinggal dua siswa yang tidak memenuhi harapan  dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa

References

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805
Asim, T. M. (2016). Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 105. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2563
Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1–8.
M. Arief Nabawi, Monawati, A. (2017). Hubungan Antara Penanaman Nilai Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV Di Sd Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Nabawi, M.Arief Monawati Awaluddin, 2(1), 78–89.
Roshita, I. (2014). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling. Jurnal Penelitian Tindak Kelas, 16(2), 2–7.
Utami, S. (2017). Kontribusi layanan informasi dalam konseling dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 7. https://doi.org/10.26539/113
Widosari, L. (2014). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Behavior pada Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling IKIP Veteran Semarang, 2(1), 56–62.
Published
2020-01-27
How to Cite
Parwata, I. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Dalam Menaati Tata Tertib Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(1), 8-13. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/71
Section
Articles