Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas VI SD

  • Haeriah SDN Surabaya
Keywords: Metode Diskusi; Keterampilan Berbicara, Mengemukakan Pendapat, PTK

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan sarana komunikasi yang mempunyai peran sosial yang penting dalam kehidupan siswa. Mengingat pentingnya manfaat berbicara, pemerintah menaruh perhatian serius terhadap dunia berbicara dan membaca, sehingga dalam penyampaikan suatu gagasan yang bisa mengembangkan pemikiran dan ide dalam bericara. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskreptif kuantitatif untuk memperoleh pengelompokan kemampuan dalam keterampilan berbicara yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah dan IPK. Berdasarkan hasil analisis data secara individual pada pembelajaran berbicara tanpa menggunakan metode diskusi dengan kemampuan tinggi sebanyak 12 orang siswa dengan jumlah persentase 44,4%, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 15 orang siswa dengan persentase 55,5% dengan IPK 65,51% pada kategori sedang. Sedangkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi dalam mengemukakan pendapat dengan kemampuan tinggi sebanyak 25 orang siswa dengan jumlah persentase 92,52%, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 2 orang siswa dengan persentase 7,48% dengaqn IPK pada kategori 74,00% kategori tinggi. Jadi penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa secara signifikan.

References

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur'ani, 10(2), 119–131.
Asmah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas VI. Paedagoria | FKIP UMMat, 9(1), 45. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.275
Ayu Fitri Lestari. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab siswa – siswi MTs Satu Atap Al – Hidayah Batu. Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab Di Indonesia.
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Goyena, R. (2019). metode diskusi pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173
Putra, H. I., & Nasrullah, A. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Ditinjau Dari Hasil Belajar. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 131. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1073
Published
2020-01-27
How to Cite
Haeriah. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(1), 1-7. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/70
Section
Articles