Upaya Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SD

  • Akhmad Sahip SDN 2 Ubung, NTB

Abstract

Metode pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan metode pembelajaran suatu bentuk pembelajaran yang dikemas dengan proses permainan dan menitikberatkan pada keaktifan siswa, dengan menerapkan TGT proses pembelajaran tidak menjadi monoton, siswa lebih aktiv dan bersemangat dalam belajar serta melatih siswa untuk lebih percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika melalui menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada pembelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan di kelas V SDN 2 Ubung tahun Pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, subyek penelitiannya adalah siswa kelas V, dengan jumlah siswa 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukan terdapat peningkatan pada setiap siklusnya diantaranya adalah pada tahap prasiklus dari 28 siswa kelas V siswa yang tidak mencapai KKM 75 sebanyak 19 siswa (68%) sedangkan yang mencapai KKM 75 atau lulus sebanyak 9 siswa (32%) dengan nilai rata-rata sebesar 63.03, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yakni dari 28 siswa yang lulus atau mencapai KKM 75 sebanyak 16 siswa (57%), sedangkan yang tidak lulus sebanyak 12 siswa (43%) dengan nilai rata-rata sebesar 68.75, Selanjutnya pada siklus II dengan jumlah siswa 28 orang siswa, yang lulusĀ  sebanyak 25 siswa (89%) sedangkan yang tidak lulus sebanyak 3 orang siswa (11%) dengan nilai rata-rata sebesar 76.96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Bilangan Pecahan siswa kelas V SDN 2 Ubung tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2020-06-02
How to Cite
Akhmad Sahip. (2020). Upaya Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(2), 70-77. https://doi.org/10.36765/jrip.v2i2.241
Section
Articles