Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kata Melalui Permainan Kartu Gambar Dengan Metode Cantol Roudhoh Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak

  • Sahni TK PGRI Bunkate, NTB

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kata dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata melalui permainan kartu gambar menggunakan metode cantol roudhoh di kelompok B TK PGRI Bunkate tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK PGRI Bunkate Tahun pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah anak sebanyak 25 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode cantol roudhoh untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata melalui permainan kartu gambar di kelompok B TK PGRI Bunkate. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap kemampuan pengenalan kata pada anak kelompok B TK PGRI Bunkate pada sebelum tindakan mencapai 33% untuk jawaban alternatif “Ya” dengan kategori “Rendah”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode Cantol Roudhoh, kemampuan mengenal kata pada anak meningkat menjadi 56% untuk jawaban alternatif “Ya” dengan kategori “Sedang”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan mengenal kata pada anak meningkat menjadi 78% untuk jawaban alternatif “Ya” dengan kategori “Baik” yang artinya ada peningkatan. Dan dilakukan perbaikan pada siklus III kemampuan mengenal kata pada anak kembali meningkat menjadi 95% untuk jawaban alternatif “Ya” dengan kategori “Baik Sekali”. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal kata pada anak kelompok B TK PGRI Bunkate.

References

Ainin Amini, Abdurrahman, Syaharuddin, Johriah Rizky Eka Tuningsih, J. A. (2020). Goes to School: Sebuah Kegiatan Menginspirasi Siswa Menuju Generasi Emas Indonesia. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 10–16.

Azizah, N., Butar, B. B., & Wahyuni, I. T. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Dasar Bahasa Inggris Pada Tk An-Nuruddin Depok. ICIT Journal, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.33050/icit.v4i1.76

Cikurniati. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Dan Kartu Kata. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia.

Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar. Al-Mabsut, 3(1), 63–69.

Iskandar, D. (2010). Retorika Sebagai Seni Berbicara. Jurnal Mentari, (Vol 13, No 2 (2010)).

Izzaty, R. E., Setiawati, F. A., & Ayriza, Y. (2017). Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Keterampilan Sosial Bagi Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16794

Maemunah, Sri Maryani, Abdul Sakban, Syaharuddin Syaharuddin, Agus Herianto, I. S. (2020). Pendidikan dan Latihan Penguatan Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah di Kota Mataram. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 1–7.

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Setiyowati, N. (2015). Analisis Kebutuhan Perkembangan Fisik Motorik Halus Melalui Penerapan Kegiatan Kolase Di Ra Al- Mutsnawiatul Islam Kelompok a Mlarak Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” (November 2015), 117–120.

Setyadiharja, R., & Nengsih, N. S. (2017). Pandangan Masyarakat Terhadap Kebijakan Standar Nasional Pendidikan (Studi Pada Pendidikan Dasar di Kota Tanjungpinang). JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 2(1), 61–83. https://doi.org/10.24905/jip.2.1.2017.61-83

Slameto, S. (2016). Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p54-73

Turisqoh, F. (2011). Polemik Calistung di TK.

Published
2020-06-02
How to Cite
Sahni. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kata Melalui Permainan Kartu Gambar Dengan Metode Cantol Roudhoh Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak . Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(2), 39-47. https://doi.org/10.36765/jrip.v2i2.237
Section
Articles