Implementasi Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Kelompok A Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak

  • Habibi TK PGRI Bunkate, NTB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus  melalui kegiatan menggunting bentuk geometri  pada kelompok A usia 4-5 tahun di TK PGRI Bunkate Desa Bunkate tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti sebagai observer dan partisipan. Penelitian ini sebanyak III siklus, pada tiap siklusnya melaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak RA Jamiatul Mu,min Kelompok A sebanyak 26 orang anak, objek penelitian ini adalah meningkatkan motorik halus melalui kegiatan menggunting bentuk geometri. Hasil pengamatan pada pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak terkait dengan menggunting sangat minim, anak terlihat masih kaku dalam menggunakan gunting, anak belum bisa memposisikan gunting pada jari dengan benar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I perkembangan motorik halus anak terkait dengan menggunting ketuntasan  klasikal hanya mencapai 38%. Pada siklus ke II guru  memperbaiki kekurangan yang ditemukan pada siklus I diantaraya: mengatur posisi duduk anak lebih baik dan teratur, memberikan pemahaman menggunting agar lebih cepat dan mudah, memberikan motivasi dan penghargaan, meningkatkan bimbingan, media gambar dibuat lebih menarik., sehingga tingkat ketuntasan dapat mecapai 58%. Penelitian dilanjutkan pada siklus III, pada siklus ini anak hanya membutuhkan latihan yang kontinyu untuk melenturkan jemarinya dalam menggunting sehingga mencapai tingkat ketuntasan dengan persentase 77% melebihi standar minimal yaitu 75%. Oleh karna itu dapat disimpulkan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada kelompok A  tahun ajaran 2018/2019

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 3(2), 219. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

Atik, K. M. (2019). Pelatihan Pembuatan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Guru Di Ppt Nur Insani Surabaya. Journal Community Development and Society, 1(2). https://doi.org/10.25139/cds.v1i2.1810

Indrawati. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa Golden Age. Pendidikan Anak Usia Dini Pada Masa Golden Age, 91, 399–404.

Khasanah, U., Badriyah, B., Rahardjo, S., Nurlaili, A., & Hendriyani, F. (2019). Pendampingan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Dengan Menggunakan Sdidtk Pada Guru Paud Dan Tk Di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Community Development Journal, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.33086/cdj.v3i1.1099

Mandailina, V., & Syaharuddin. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berbasis OSM Tingkat SMP/MTs. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 77–82.

Rozalina, D. P., & Rozalina, D. P. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan multimedia pada materi sistem koordinasi. Proceeding of Biology Education, 1(1), 20–23. https://doi.org/10.21009/pbe.1-1.2

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Slameto, S. (2016). Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p54-73

Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran BALS. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–60.

Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Syaharuddin, V. M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES, 1(1), 30–33.

Ulfah, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Di Sekolah Taman Kanak-Kanak Fullday. PAWIYATAN, Vol. 20.

Published
2020-06-02
How to Cite
Habibi. (2020). Implementasi Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Kelompok A Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak . Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(2), 31-38. https://doi.org/10.36765/jrip.v2i2.236
Section
Articles