Metode Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD

  • Jumadil SDN Loang Tuna, Bonjeruk, Jonggat, Lombok Tengah, NTB
Keywords: Mengarang Bahasa Indonesia, Metode Pembelajaran Imajinatif

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V SDN Loang Tuna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SDN Loang Tuna. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan hasil,bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70,73%), siklus II (80,50%), siklus III (90,24%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran imajinatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN Loang Tuna.

References

Ambary, Abdullah, dkk. (1999). Penuntun Terampil berbahasa Indonesia dan Petunjuk Guru. Bandung: Trigenda Karya.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineksa Cipta.
Badudu, J.S. (1988). Cakrawala Bahasa Indonesia. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: Gramedia.
Hadi, Sutrisno. (1984). Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Harisiati, Titik. (1999). Penelitian Tindakan Sebagai Aplikasi Metode Ilmiah dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Bahasa. Dalam Seminar FPBS IKIP Malang.
Mariskan, A. (1982). Ikthisar Bahasa Indonesia untuk SMP. Jakarta: Edumedia
Melvin. L. Silberman. (2007). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa dan Nusamedia.
Nurkancana, Wayan. (1986). Evalusi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Poerwadarminta, WJS. (1979). ABC Karang Mengarang. Yokyakarta: UP.
Poerwadarminta. W.J.S. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumardi & Nur Anggraeni. (2005). Terampil Berbahasa Indonesia Untuk SMP. Jakarta: Erlangga.
Published
2019-07-30
How to Cite
Jumadil. (2019). Metode Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 1(2), 62-66. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/202
Section
Articles