Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VI SD

Main Article Content

Suparman Suparman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn penerapan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.

Article Details

How to Cite
Suparman, S. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VI SD. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 73-82. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/126
Section
Articles

References

Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon .
Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarata: Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. (1993). Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Daroeso, Bambang. (1989). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah,Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.
Djamarah,Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Rineksa Putra.
Felder, Richad M. (1994). Cooperative Learning In The Technical Corse, (online), (Pcll\d\My% Document\Coop % 20 Report.
Hadi, Sutrisno. (1982). Metodologi Research Jilid I. Yogayakarta: yp. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hasibuan, JJ. dan Moerdjiono. (1998). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Masriyah. (1999). Analisis Butir Tes. Surabaya: Universiats Press.
Ngalim, Purwanto M. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur,Moh. (2001). Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Srabaya.
Nur, Muhammad. (1996). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rustiyah, N.K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto. Toeti. (1997). Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo, (1993). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana. (1996). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhamad, Winarno. (1990). Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.