Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Berbicara dan Membaca dengan Menerapkan Model STAD dan Model Role Playing pada Siswa Kelas VI SD

Main Article Content

Nuriyatin Nuriyatin

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran model STAD dan Role Playing terhadap siswa Kelas VI SDN Loang Tuna.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas tiga siklus. Pengumpulan data berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Kesimpulan bahwa penerapan model STAD dan Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas VI SDN Loang Tuna

Article Details

How to Cite
Nuriyatin, N. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Berbicara dan Membaca dengan Menerapkan Model STAD dan Model Role Playing pada Siswa Kelas VI SD. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 67-72. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/125
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi bahasa Indonesia dan Remidi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. (1972). Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.
Masriyah. (1999). Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Mukhlis, Abdul. (Ed). (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. (2016). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Soedjadi, dkk. (2000). Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Usman, Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoko. (2002). Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.