Efek Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Taman Pendidikan Islam Medan

  • Tuti Hardianti Universitas Islam Sumatera Utara Medan
  • Lisa Ariyanti Pohan Universitas Islam Sumatera Utara Medan
  • Uswatun Hasanah S Universitas Islam Sumatera Utara Medan

Abstract

Pendekatan  saintifik memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi pengukuran.. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VII SMP Taman Pendidikan Islam Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.  Analisis data menggunakan perhitungan persentase ketuntasan kemampuan  berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 42% dan siklus II sebesar 89%. Oleh karena itu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis  siswa yaitu sebesar 47 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengukuran di SMP Taman Pendidikan Islam Medan

Published
2019-07-31
How to Cite
Tuti Hardianti, Lisa Ariyanti Pohan, & Uswatun Hasanah S. (2019). Efek Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Taman Pendidikan Islam Medan. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 1(2), 103-107. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/113
Section
Articles