Penerapan Metode Kooperatif Model STAD Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD

  • Erwin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD yang dilaksanakan terhadap siswa kelas V SDN Bilekere. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan bahwa metode kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran terhadap siswa kelas V SDN Bilekere.

Published
2019-07-31
How to Cite
Erwin. (2019). Penerapan Metode Kooperatif Model STAD Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD. JRIP : Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(2), 93-102. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/112
Section
Articles