Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SD

  • Aspari Guru SDN Pemepek

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigasi pada siswa kelas VI SDN Pemepek yang dilaksanakan dengan pendekkatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, pengumpulan data dengan metode Observasi,  interview, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Group Investigasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa  kelas VI SDN Pemepek.

Published
2019-07-31
How to Cite
Aspari. (2019). Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SD. JRIP : Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(2), 83-92. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/111
Section
Articles