Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VI SD

  • Suparman Guru SDN Dasan Bengkel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn penerapan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.

Published
2019-07-31
How to Cite
Suparman. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VI SD. JRIP : Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(2), 73-82. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/110
Section
Articles