Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Berbicara dan Membaca dengan Menerapkan Model STAD dan Model Role Playing pada Siswa Kelas VI SD

  • Nuriyatin

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran model STAD dan Role Playing terhadap siswa Kelas VI SDN Loang Tuna.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas tiga siklus. Pengumpulan data berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Kesimpulan bahwa penerapan model STAD dan Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas VI SDN Loang Tuna.

Published
2019-07-31
How to Cite
Nuriyatin. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Berbicara dan Membaca dengan Menerapkan Model STAD dan Model Role Playing pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 1(2), 67-72. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/109
Section
Articles