Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Main Article Content

Ayang Kinasih
Erni Mariana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi, (2) mendapatkan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi yang telah memenuhi kriteria kelayakan, (3) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Modul diujicobakan di kelas X SMA Program Ilmu Alam. Kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis dengan uji parametrik dua sampel berpasangan menggunakan software PASW Statistic 18. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata 102 > cut off  78 yang berarti kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi mengalami peningkatan

Article Details

How to Cite
Kinasih, A., & Mariana, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 55-61. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/105
Section
Articles

References

Daryanto, (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Dennis, Fitryan. (2009). Berpikir Kreatif. Jakarta: Esensi
Fadrik Adi Fahrudin. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 41-48
Maria, Eni. (2011). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kimia pada Konsep Termokimia di Kelas XI IPA SMA N 10 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi. (Unpublished).
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rahayu, E., dkk. (2011). Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 33-37.
Sukardiyono & Yeni Ristya Wardani. (2013). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kerja Laboratorium dengan Pendekatan Science Process Skills untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 185-195.
Thiagarajan & Semmel. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomingto Indiana: Indiana University.