Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus II dengan Scientific Approach Berbantuan Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Main Article Content

Ummi Rosyidah
Irma Ayuwanti

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) yang terfokus pada pengembangan bahan ajar mata kuliah Kalkulkus II yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa. Secara garis besar, model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Dari hasil analisis validasi modul diperoleh 91,83 dengan kategori baik. Uji coba skala kecil diperoleh 40,7 dengan kategori baik. Hasil analisis kepraktisan bahan ajar selama empat kali pertemuan diperoleh rerata skor 26,5 dari skor ideal 30 atau 88,33 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis keefektifan rata-rata skor profil mengajar dosen sebesar 53,25 dari skor ideal 56 atau 95,09% dengan kategori sangat baik. Rata-rata skor profil aktivitas belajar mahasiswa sebesar 47,25 dari skor ideal 56 atau 90,87% dengan kategori sangat baik. Dari analisis hasil tes kemampuan penalaran matematika diperoleh rata-rata total kemampuan penalaran matematika adalah 0,60 dengan kategori sedang, yang dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mata kuliah kalkulus II materi integral dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) berbantuan software Maple dapat meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa secara efektif.

Article Details

How to Cite
Rosyidah, U., & Ayuwanti, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus II dengan Scientific Approach Berbantuan Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JRIP: Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(1), 49-54. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/101
Section
Articles

References

Ari, H. Dan Sutriyono. (2001). Kemampuan Siswa Dalam Membaca Grafik Kecepatan (v) Waktu (t) Untuk Menentukan Jarak. Satya Widya, Vol 14 (2), pp. 103-114.
Meltzer, D.E. (2001). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible “Hidden Variable”in Diagnostic Pretest Scores. Department of Physics a and Astronomy, Lowa State University, Ames, Lowa 50011. Am. Journal Phys, Vol 70 (12), pp. 1259-1268.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Tella, A. (2008). Teacher Variables As Predictors of AcademicAchievement of Primary School Pupils Mathematics. International Electronic Journal of Elementary Education, Vol 1 (1), pp. 17-33.
TungY, K. (2003). Visualisasidan Simulasi Fisika dengan Aplikasi Program Maple. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.