Author Guidelines

  • JRIP merupakan salah satu media publikasi untuk peneliti dalam mempublikasikan hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan yang mencakup kajian tentang penelitian intervensi pada bidang pendidikan, yaitu meliputi: (1) Penelitian tindakan kelas; (2) Penelitian eksperimen bidang pendidikan; (3) Penelitian pengembangan kegiatan, media, atau teknologi pembelajaran; (4) Penelitian pengembangan program pendidikan; dan (5) Penelitian intervensionis lainnya.
  • Untuk informasi selengkapnya terkait pengelolaan JRIP, penulis dapat mengunjungi kami di https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jrip/about/editorialTeam dan pendaftaran dilakukan secara online
  • Artikel dapat diunggah dengan cara sebagai berikut:
  1. Author login menggunakan username dan password yang telah dibuat pada saat registrasi
  2. Author dapat memilih “Make A New Submite”
  3. Selanjutnya author dapat mensubmite artikel sampai tahap 5
  4. Klik selesai atau simpan
  • Naskah JRIP terdiriatas 7 bagian (5 bagian wajib diisi dan 2 bagian bersifat opsional), yaitu PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, PEMBAHASAN, SIMPULAN, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR PUSTAKA, DAN LAMPIRAN. Bagian UCAPAN TERIMAKASIH dan LAMPIRAN bersifat opsional.
  • Secara umum, format pada bagian isi naskah jurnal ini ditulis dengan menggunakan Font Time New Roman ukuran 11 pt, spasi 1, dua kolom, dengan margin 3,5 (atas) dan 2,6 (kiri, kanan, danbawah). Format-format lainnya, seperti ukuran font sub-judul, teknik sitasi, caption, spasi, metode listing dan penomoran dicontohkan langsung pada format template.
  • Daftar Pustaka:

Jurnal:

Moore, R., Lopes, J., 1999. Judul artikel. In Nama jurnal dan Volume serta Nomor. Alamat url artikel.

Buku:

Smith, J., 1998. Judul buku, Alamat penerbit: Penerbit

Prosiding Seminar/Konferensi

Clark, K.M. (2011). Voices from the field: incorporating history of mathematics in teaching. Proceedings of the Seventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (7th CERME), Rzeszow – Poland, 1640-1649.

Buku Terjemahan

 (Marks, Hiatt,àKutipan pertama & Neufeld, 1985) atau Marks, Hiatt dan Neufeld (1985)

àKutipan berulang  (Marks et al., 1985) atau Marks et al. (1985)

Marks, J.L., Hiatt, A.A.  & Neufeld, E.M. (1985). Metode mengajar matematika untuk sekolah dasar(Terjemahan oleh Bambang Sumantri). Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga.

Buku (Editor)

Fauvel, J., & Maanen, J.v. (Eds.). (2000). History in mathematics education: The ICMI study. Dordrecht, Netherland: Kluwer Academic Publishers.

Buku (3 penulis)

Riedesel, C.A., Schwartz, J.E. & Clements, D.H. (1996). Teaching elementary school mathematics. Boston, USA: Allyn & Bacon.

Artikel dalam Buku

Tzanakis, C., & Arcavi, A. (2000). Integrating history of mathematics in the classroom: An analytic survey. In J. Fauvel, & J. van Maanen (Eds.), History in mathematics education (pp. 201–240). The ICMI Study. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Artikel di Internet

Fauvel, J. (2000). The role of history of mathematics within a university mathematics curriculum for the 21stcentury (Artikel web). Diakses di http://www.bham.ac.uk/ctimath/talum/newsletter

Hughes, B. (2011, Agustus). Completing the Square- Quadratic using addition (Artikel web). Diakses di http://www.maa.org/press/periodicals/convergence/completing-the-square-quadratics-using-addition

History of Mathematics. (t.t). dalam Wikipedia. Diakses di https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Mathematics

Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi. (t.t). dalam Wikipedia. Diakses di https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_ibn_Musa_al-Khwarizmi

O'Connor, J.J. & Robertson, E.F. (1999, Juli). Abu Ja'far Muhammad ibn Musa Al-Khwarizmi (Artikel web). Diaskes di  http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/history/Biographies/Al-Khwarizmi.html

Jurnal (Diakses Online)

Goodwin, D.M. (2010). The importance of mathematics teachers knowing their mathematics history. The Journal for Liberal Art and Science, 14/2, 86-90. Diakses di http://www.oak.edu/academics/school-arts-sciences-jlas-archive.php#Fa2010

Panasuk, R.M & Horton, L.B. (2012). Integrating history of mathematics into curriculum: what are the chances and constraints? IEJME, 7/1, 3-20. Diakses di http://www.iejme.com/makale/284

Jurnal (DOI)

Jankvist, U.Th. (2009b). A categorization of the ‘whys‘ and ‘hows‘ of using history in mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 71(3), 235-261. Doi:10.1007/s10649-008-9174-9

Sembiring, R.K., Hadi, S., & Dolk, M. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesian classroom through RME. ZDM: The international journal on mathematics education, 40(6), 927-939. doi: 10.1007/s11858-008-0125-9

Skripsi/Tesis/Disertasi

Jankvist, U.Th. (2009a). Using history as a goal in mathematics education (Master thesis). Diakses di http://milne.ruc.dk/imfufatekster/pdf/464.pdf

Makalah Seminar/Konferensi

Lawrence, S. (2008). History of mathematics making its way through the teacher networks: professional learning environment and the history of mathematics in mathematics curriculum. Paper presented at 10thICME, Mexico. 

Wahyu, K. (2015, November). Changing mathematics classroom setting: looking into students’ response and performance in learning. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science and Education Mataram University, Mataram - Indonesia.