Pelatihan Manajemen Pembukuan dan Motivasi Kerja Pada Pemilik dan Karyawan di Rumah Makan Taliwang 1 Cakranegara Kota Mataram

  • Mohammad Najib Rodhi Universitas Bumigora
  • Abdurrahman Universitas Bumigora
  • Raden Bagus Faisal Irany Sidharta Universitas Bumigora
  • Irwan Cahyadi Universitas Bumigora
Keywords: Manajemen, Pembukuan, Motivasi Kerja

Abstract

Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi kerja dan meningkatkan kemampuan dalam membuat pembukuan pada pemilik dan karyawan di Rumah Makan Taliwang 1 Cakranegara. Metode yang digunakan adalah dengan cara pemberian pelatihan tentang semangat motivasi kerja terhadap 15 karyawan dan menggunakan sistem melalui pendampingan pada karyawan. Tahapan yang dilakukan adalah tahap presentasi pelatihan, analisa, praktek dan evaluasi atas materi yang telah di sampaikan.Hasil Pengabdian ini menunjukkan bahwa motivasi karyawan meningkat setelah diberikan semangat motivasi oleh pemateri dengan ditunjukkan oleh antusiasme karyawan/partisipan dalam menceritakan masalah yang dihadapi selama berkerja dan usahanya dalam mencari solusi dari setiap masalah.Selain itu karyawan juga mampu meningkatkan kesadaran dan kemampuan softskill mereka dalam membuat pembukuan menggunakan system Ms.Office agar bekerja menjadi lebih efisien, dapat menghemat waktu dan meminimalisir kesalahanditunjukkan dengan hasil evaluasi praktek menyatakan karyawan sudah bisa menerapkan metode tersebut.

Abstract: This training aims to foster work motivation and improve the ability to make bookkeeping for employees at Taliwang 1 Cakranegara Restaurant. The method used is by providing training on work motivation for 15 employees and using the system through mentoring to employees. The steps taken are the presentation stage of the training, analysis, practice and evaluation of the material that has been conveyed. The results of this service show that employee motivation has increased after being motivated by the speaker by showing the enthusiasm of employees / participants in telling the problems encountered during work and their efforts in finding solutions to each problem. In addition, employees are also able to increase awareness and ability of their soft skills in making bookkeeping using the MS.Office system so that work becomes more efficient, can save time and minimize errors indicated by the results of practice evaluation states employees can apply the method.

References

Dessler, G. (2015). Human Resources Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) Edisi 14. Jakarta: Indeks.

Gomes, F. C. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hasibuan, M. (2001). Organisasi dan motivasi. Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kirom, B. (2015). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen (Edisi revisi cetakan keempat). Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Lubis, A. (2009). Akuntansi Keperilakuan Edisi 2. Jakarta: Salemba.

Redaktur. (2019). Google Indonesia Perbanyak UMKM NTB Ikuti Pelatihan Usaha Digital. Retrieved February 20, 2020, from insidelombok.id website: https://insidelombok.id/berita-utama/google-indonesia-perbanyak-umkm-ntb-ikuti-pelatihan-usaha-digital/

Siagaan, S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wijaya, A. I. (2015). Pentingnya Akuntansi Bagi UMKM. Retrieved February 20, 2020, from https://www.jtanzilco.com/ website: https://www.jtanzilco.com/blog/detail/169/slug/pentingnya-akuntansi-bagi-umkm

Published
2020-05-30
How to Cite
Mohammad Najib Rodhi, Abdurrahman, Raden Bagus Faisal Irany Sidharta, & Irwan Cahyadi. (2020). Pelatihan Manajemen Pembukuan dan Motivasi Kerja Pada Pemilik dan Karyawan di Rumah Makan Taliwang 1 Cakranegara Kota Mataram. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 43-51. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.218
Section
Articles