Penyuluhan dan Pelatihan Peningkatan memori siswa SD melalui Braingym bagi Guru Sekolah Dasar

  • Anna Mariyani STKIP Muhammadiyah Blora
  • Supriyanto Supriyanto SD Muhammadiyah Blora
Keywords: Pelatihan, Braingym, Sekolah Dasar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini terfokus pada analisis kebutuhan sekolah dasar di Blora dalam melakukan proses pendidikan yang lebih baik dari sebelumnya. Braingym adalah kegiatan yang dipusatkan pada program ini.  Hasil pengabdian masyarakat ini sangat signifikan karena guru-guru sebagai subjek pada kegiatan ini mengalami kenaikan pengetahuan sekitar 80% dari sebelumnya. Hal ini dapat diketahui dari penilaian soal pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan memori guru SD Muhammadiyah Blora

References

Ain, Syiva Nurul; Riyanto, Arifah A.; Lestari, Ririn Hunafa. Pengaruh metode brain gym dalam meningkatkan kemampuan mengingat anak usia 5-6 tahun. Ceria (cerdas energik responsif inovatif adaptif), 2019, 2.5: 197-201.

Baderuzzaman, Nurmalita Sari; Samparadja, Hafiludin; Ruslan, Ruslan. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terintegrasi Metode Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 2019, 4.1.

https://bkd.blorakab.go.id/ diakses pada tanggal 1 Oktober 2019 pukul 17.00 WIB

Saleh, S.; Mazlan, A. The Effects of Brain-Based Teaching With I-Think Maps and Brain Gym Approach towards Physics Understanding. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2019, 8.1: 12-21

Spear, Sara. The Effects of Brain Gym Exercises on Letter Identification. 2019.

Published
2019-12-30
How to Cite
Anna Mariyani, & Supriyanto, S. (2019). Penyuluhan dan Pelatihan Peningkatan memori siswa SD melalui Braingym bagi Guru Sekolah Dasar. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 199-206. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.15