Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar

  • Ahmad Ahmad Universitas Bumigora Mataram
  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora Mataram
  • Kiki Riska Ayu Kurniawati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Farah Heniati Santosa Universitas Nahdlatul Wathan
Keywords: Bimbingan belajar, motivasi, Bangun ruang sisi datar

Abstract

Abstrak: Adapun tujuan dari bimbingan belajar ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran matematika. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam bimbingan pembelajaran ini adalah pertama Melakukan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan melibatkan siswa secara langsung, kedua Memberikan materi dasar bangun ruang  secara bertahap dan man faatnya dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa, ketiga Melakukan bimbingan kepada siswa terhadap materi yang kurang dipahami, keempat Memberkan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan bertanya, kelima Memberikan latihan soal kepada siswa untuk didiskusikan dan keenam Menganalisa Permasalahan yang dihadapi siswa dalam mempelajari Matematika. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat di lihat bahwa setelah dilakukan bimbingan belajar siswa terlihat termotivasi dalam mempelajari matematika hal ini terlihat dari antusiasnya siswa dalam berdiskusi dan bertanya.

Abstarct: The purpose of this tutoring is to increase student motivation and understanding in the process of learning mathematics. The steps taken in this tutoring are firstly Doing active and fun learning by involving students directly, secondly Providing basic material to build space gradually and using it in daily life to students, thirdly Conducting guidance to students of the material the less understood, the fourth Gives the opportunity to students to discuss and ask questions, the fifth Provides exercises for students to discuss and the sixth Analyzes Problems faced by students in learning Mathematics. Based on the results and discussion, it can be seen that after the student's tutoring is done, it seems that students are motivated to learn mathematics, it can be seen from the students' enthusiasm in discussing and asking questions.

References

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 15. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.4

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok). Jurnal VARIAN, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.74

Ahmad, & Etmy, D. (2019). Hubungan Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. EL-HIKMAH: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 12(1), 75–98.

Ahmad, Etmy, D., & Primajati, G. (2019). Upaya Mengatasi Problema Pembelajaran Matematika Siswa pada Materi Teorema Phythagoras melalui Bimbingan Belajar Kelas VIII di MTs . Nurul Yaqin Kelanjur. 2(1), 60–70.

Hartinah, G. (2016). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.701

Mutammimah, E. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 1(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.3932

Published
2019-12-30
How to Cite
Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar . JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189-198. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.14